Arbain Rizka, 122 003 8422 (2014) Pengelolaan dan Pengembangan Objek Wisata Pantai Depok Kabupaten Bantul. Masters thesis, Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta.
Text
Bagian DEpan Tesis.pdf Download (249kB) |
|
Text
Bab I Arbain.pdf Download (172kB) |
|
Text
Bab II Arbain.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
Text
Bab III Arbain.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
|
Text
Bab IV-Arbain.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
Bab V Arbain.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
KESIMPULAN Arbain.pdf Download (499kB) |
|
Text
LAMPIRAN Arbain.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan pengembangan objek wisata Pantai Depok saat ini terkait keberlanjutan pengelolaan objek wisata pantai Depok yang akan datang, serta mengetahui arahan pengelolaan dan pengembangan objek wisata Pantai Depok Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi lapangan,wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut di analisis dengan metode deskriptif kualitatif dan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Untuk data deskriptif kualitatif menjabarkan bagaimana pengelolaan dan pengembangan di lokasi objek wisata Pantai Depok saat ini dengan menjabarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. analisis SWOT digunakan untuk melihat kodisi yang ada untuk menyusun rencana arahan pengelolaan dan pengembangan objek wisata Pantai Depok melalui matrik IE (internal external) dan analisis kuadran SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa pengelolaan dan pengembangan objek wisata Pantai Depok melalui Matrik IE menggambarkan jaga dan pertahankan, dengan menggunakan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan kuadran analisis SWOT, posisinya pada memilih strategi menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang dengan terus berkosentrasi pada pasar saat ini dan pengembangan produk. Melihat hal tersebut, maka arahan pengelolaannya adalah; 1) Bekerjasama dengan travel agent serta hotel untuk mendapatkan konsumen lebih banyak, 2) Menambah variasi atraksi wisata yang tidak pada wisata kuliner saja, melainkan mengembangkan potensi yang ada seperti,wisata bahari, wisata pendidikan, paralayang dan yang lainnya, 3) Meningkatkan SDM untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, 4) Menguatkan strategi promosi dengan jangkauan internasional untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,5) Membangun kerjasama dengan pihak swasta untuk meningkatkan fasilitas yang lebih baik, 6) Merencanakan konsep pengelolaan dan pembangunan objek wisata yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Pasca Sarjana ISI Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Pengembangan, Objek Wisata, Analisis SWOT | ||||
Subjects: | Tata kelola seni | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni | ||||
Depositing User: | Users 22 not found. | ||||
Date Deposited: | 29 Oct 2014 04:33 | ||||
Last Modified: | 30 Oct 2014 03:18 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/155 |
Actions (login required)
View Item |