Pengelolaan dan Pengembangan Objek Wisata Pantai Depok Kabupaten Bantul

Arbain Rizka, 122 003 8422 (2014) Pengelolaan dan Pengembangan Objek Wisata Pantai Depok Kabupaten Bantul. Masters thesis, Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta.

[img] Text
Bagian DEpan Tesis.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Bab I Arbain.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Bab II Arbain.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
Bab III Arbain.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
Bab IV-Arbain.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
Bab V Arbain.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
KESIMPULAN Arbain.pdf

Download (499kB)
[img] Text
LAMPIRAN Arbain.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan pengembangan objek wisata Pantai Depok saat ini terkait keberlanjutan pengelolaan objek wisata pantai Depok yang akan datang, serta mengetahui arahan pengelolaan dan pengembangan objek wisata Pantai Depok Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi lapangan,wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut di analisis dengan metode deskriptif kualitatif dan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Untuk data deskriptif kualitatif menjabarkan bagaimana pengelolaan dan pengembangan di lokasi objek wisata Pantai Depok saat ini dengan menjabarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. analisis SWOT digunakan untuk melihat kodisi yang ada untuk menyusun rencana arahan pengelolaan dan pengembangan objek wisata Pantai Depok melalui matrik IE (internal external) dan analisis kuadran SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa pengelolaan dan pengembangan objek wisata Pantai Depok melalui Matrik IE menggambarkan jaga dan pertahankan, dengan menggunakan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan kuadran analisis SWOT, posisinya pada memilih strategi menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang dengan terus berkosentrasi pada pasar saat ini dan pengembangan produk. Melihat hal tersebut, maka arahan pengelolaannya adalah; 1) Bekerjasama dengan travel agent serta hotel untuk mendapatkan konsumen lebih banyak, 2) Menambah variasi atraksi wisata yang tidak pada wisata kuliner saja, melainkan mengembangkan potensi yang ada seperti,wisata bahari, wisata pendidikan, paralayang dan yang lainnya, 3) Meningkatkan SDM untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, 4) Menguatkan strategi promosi dengan jangkauan internasional untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,5) Membangun kerjasama dengan pihak swasta untuk meningkatkan fasilitas yang lebih baik, 6) Merencanakan konsep pengelolaan dan pembangunan objek wisata yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pengembangan, Objek Wisata, Analisis SWOT
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Users 22 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2014 04:33
Last Modified: 30 Oct 2014 03:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item