Karakteristik Musikal Lagu-lagu Ciptaan AT. Mahmud Sebagaimana Tereflesikan Dalam Karyanya Amalku: Kumpulan Nyanyian Anak-anak Muslim (1991)

Juri Anggraini Batubara, Putri (2007) Karakteristik Musikal Lagu-lagu Ciptaan AT. Mahmud Sebagaimana Tereflesikan Dalam Karyanya Amalku: Kumpulan Nyanyian Anak-anak Muslim (1991). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

AT. Mahmud adalah komponis lagu anak Indonesia sampai sekarang tetap menjadi pendidik yang karyanya masih sangat dibutuhkan. Melalui studi musikal terhadap salah satu karyanya Amalku (1991) skripsi ini menganalisis karakteristik lagu-lagu anak ciptaannya. Secara umum kajian yang dilakukan meliputi dua hal. Yang pertama ialah analisis mengenai karakteristik muisikalnya dan yang kedua ialah lirik dari lagu-lagu yang diselidiki. Dengan diperolehnya pengetahuan tentang karakteristik melodi dan Jirik pada kumpulan Amalku penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran rambu-rambu bagi pengembangan lagu anak Indonesia yang baik, di masa yang akan datang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk lagu, harmoni dan Jirik lagu yang terdapat dalam seluruh karya AT. Mahmud secara umum dan dalam karya Amalku secara khusus sangat layak menjadi lagu yang disosialisasikan di lingkungan sekolah dan keluarga saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Juri Anggraini Batubara, Putrinim00107220013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustap, Kustapnidn0001076707
ContributorIndrawan, Andrenidn0010056110
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Musik pendidikan, lagu anak, AT. Mahmud.
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:09
Last Modified: 09 Nov 2023 06:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item View Item