Analisis Struktural Aria Con Vanazioni Dettala Frescobalda Karya Frescobaldi (1583-1643) Dalam Edisi Andres Segovia (1893-1982)

Arly, Chandris (2005) Analisis Struktural Aria Con Vanazioni Dettala Frescobalda Karya Frescobaldi (1583-1643) Dalam Edisi Andres Segovia (1893-1982). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas analisis komposisi Aria con Variazioni dettn La Frescobalda karya komponis Barok Girolamo Frescobaldi (1583-1644) dalam transkripsi gitar Andres Segovia (1893-1987) guna mengkaji bentuk struktural dan gaya transkripsi Segovia di dalam karya tersebut. Penelitian ini dilakukan pertama-tama melalui pertama yaitu studi pustaka, yang kemudian dilanjutkan dengan analisis. Selain itu juga telah diterapkan pendekatan praktis yaitu dengan mempelajari karya tersebut melalui permainan gitar. Guna mele ngkapi analisis ini penulis juga melakukan perbandingan di antara transkripsi Segovia dengan edisi -edisi lainnya, termasuk dengan naskah aslinya untuk Organ. Basil analisis musikologis menunjukkan bahwa komposisi Aria con Vnrin zioni defta La Frescobalda merupakan salah satu model variasi pada awal Barok yang disusun berdasarkan pada progresi harmoni yang tetap setiap bagian variasinya. Penggunaan tanda sukat menimbulkan ef ek musikal tertentu pada setiap variasinya mengisyaratkan bahwa Frescobaldi adalah komponis yang berpandangan ke depan pada masanya. Dari studi ini dapat diketahui bahwa penyusunan sebuah transkripsi hingga siap untuk dipertunjukkan bukanlah suatu hal yang sederhana. Karena memerlukan suatu ketelitian tinggi yang disertai dengan kajian musikologis dan teortitis yang cukup kompleks. Hal ini telah ditunjukkan oleh Segovia dalam menggarap transkripsi Aria con Variazioni detta La Frescobalda . Kegiatan transkripsi tersebut tidak hanya sekedar menyalin karya asli yang kemudian disesuaikan dengan register serta posisi yang memungkinkan untuk dimainkan di dalam instrumen gitar tetapi juga melibatkan kerja editorial yang kreatif dan teliti terutama dalam pengadaptasian harmoni dan fingering serta petunjuk penggunaan ekspresi dan dinamika yang disesuaikan dengan keinginan transkriptor yang terkadang melenceng dari estetika musik jaman tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Arly, Chandrisnim0010687013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSantoso, YC. Budinidn0301056103
ContributorIndrawan, Andrenidn0010056110
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Frescobaldi, Andres Segovia, Aria cun Variazioni detta La Frescobalda
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:23
Last Modified: 06 Nov 2023 06:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15939

Actions (login required)

View Item View Item