Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Musik Ansambel Sejenis di SMP Negeri 3 Pleret Bantul

Taufan Nugraha, Jhonny (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Musik Ansambel Sejenis di SMP Negeri 3 Pleret Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Jhonny Taufan Nugraha_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Jhonny Taufan Nugraha_2023_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
Jhonny Taufan Nugraha_2023_BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
Jhonny Taufan Nugraha_2023_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https:/lib.isi.ac.id/

Abstract

Proses pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam ruang lingkup pembelajaran. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 3 Pleret Bantul, siswa tidak dapat mengembangkan daya kreativitas, tidak mampu untuk menyelesaikan masalah secara kerja sama dan diskusi. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat dan pendekatan pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered learning, di mana pendekatan ini sudah tidak disarankan lagi untuk digunakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, mendeskripsikan implementasi model pembelajaran group investigation pada materi musik ansambel sejenis di SMP Negeri 3 Pleret Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran materi musik ansambel sejenis di SMP Negeri 3 Pleret, Bantul dengan fokus pembahasan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses validasi data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan model pembelajaran model pembelajaran group investigation pada materi musik ansambel sejenis dari tahapan pertama hingga terakhir, membuat siswa lebih aktif, partisipatif, kreatif, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran group investigation mempunyai dampak positif terhadap cara mengajar guru seni budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Taufan Nugraha, Jhonnynim1910226017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartin Simamora, Roynidn0024109007
ContributorPermata Heldisari, Hananidn00290590003
Department: KODEPRODI88209P#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Group Investigation, Materi Musik Ansambel Sejenis.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Jhonny Taufan Nugraha
Date Deposited: 02 Feb 2024 12:18
Last Modified: 02 Feb 2024 12:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16119

Actions (login required)

View Item View Item