Kharim Amrullah Ahmad, Nouzhan (2024) Perancangan Kampanye Waspada Greenwashing dalam Fast Fashion di Indonesia. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_BAB V.pdf Download (650kB) |
|
Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 1.mp4 Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
|
Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 2.mp4 Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
|
Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 3.mp4 Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 4.mp4 Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 5.mp4 Restricted to Repository staff only Download (30MB) | Request a copy |
|
Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 6.mp4 Restricted to Repository staff only Download (28MB) | Request a copy |
|
Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 7.mp4 Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Greenwashing didefinisikan sebagai strategi bisnis membangun citra ramah lingkungan tanpa aksi nyata. Fenomena greenwashing di industri busana, terutama fast fashion, mengelabui konsumen pakaian untuk berpikir ada kontribusi positif terhadap lingkungan ketika mereka membeli pakaian fast fashion. Karena itu, sebuah kampanye mengenai fenomena greenwashing tersebut dibuat sebagai media inisiasi yang mengajak audiens untuk mencari tahu lebih lanjut fenomena greenwashing dalam fast fashion. Kampanye dibuat dengan metode 5W1H untuk menentukan media serta metode distribusi yang tepat, dipasangkan dengan studi lapangan ke berbagai pusat perbelanjaan pakaian. Kampanye akhirnya dibuat dalam bentuk seri video pendek yang di unggah ke media sosial yang relevan untuk konsumen fast fashion berumur 18-34 tahun. Kampanye menggunakan maskot serta latar belakang gurun Atacama dari Amerika Selatan sebagai salah satu TPA pakaian terbesar dunia. Audiens mengikuti petualangan maskot mempelajari fenomena greenwashing bersamasama. Dengan kampanye ini, diharapkan audiens dapat mendapatkan dorongan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai greenwashing dalam fast fashion.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Greenwashing, Video pendek, Instagram, TikTok, | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Nouzhan Kharim Amrullah Ahmad | |||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:52 | |||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:52 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16215 |
Actions (login required)
View Item |