Perancangan Kampanye Waspada Greenwashing dalam Fast Fashion di Indonesia

Kharim Amrullah Ahmad, Nouzhan (2024) Perancangan Kampanye Waspada Greenwashing dalam Fast Fashion di Indonesia. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_BAB V.pdf

Download (650kB)
[img] Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 1.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy
[img] Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 2.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
[img] Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 3.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 4.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 5.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (30MB) | Request a copy
[img] Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 6.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Video
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_KARYA 7.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text
NOUZHAN KHARIM AMRULLAH AHMAD_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Greenwashing didefinisikan sebagai strategi bisnis membangun citra ramah lingkungan tanpa aksi nyata. Fenomena greenwashing di industri busana, terutama fast fashion, mengelabui konsumen pakaian untuk berpikir ada kontribusi positif terhadap lingkungan ketika mereka membeli pakaian fast fashion. Karena itu, sebuah kampanye mengenai fenomena greenwashing tersebut dibuat sebagai media inisiasi yang mengajak audiens untuk mencari tahu lebih lanjut fenomena greenwashing dalam fast fashion. Kampanye dibuat dengan metode 5W1H untuk menentukan media serta metode distribusi yang tepat, dipasangkan dengan studi lapangan ke berbagai pusat perbelanjaan pakaian. Kampanye akhirnya dibuat dalam bentuk seri video pendek yang di unggah ke media sosial yang relevan untuk konsumen fast fashion berumur 18-34 tahun. Kampanye menggunakan maskot serta latar belakang gurun Atacama dari Amerika Selatan sebagai salah satu TPA pakaian terbesar dunia. Audiens mengikuti petualangan maskot mempelajari fenomena greenwashing bersamasama. Dengan kampanye ini, diharapkan audiens dapat mendapatkan dorongan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai greenwashing dalam fast fashion.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kharim Amrullah Ahmad, Nouzhannim1812507024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGogor Bangsa, Petrusnidn0006017002
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Greenwashing, Video pendek, Instagram, TikTok,
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Nouzhan Kharim Amrullah Ahmad
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:52
Last Modified: 05 Feb 2024 02:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item View Item