Clariza Suryanti, Ni Made (2024) Strategi Ekspositori pada Pembelajaran Tari Makepung dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMA Negeri 2 Negara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_SURAT PERNYATAAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_BAB I.pdf Download (890kB) |
|
Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_BAB V.pdf Download (397kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori yang diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali. Penerapan strategi pembelajaran yang digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler tari memberikan pembelajaran yang baik dan optimal kepada peserta didik. Hal ini berdampak pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung yang selalu ikut serta pada acara atau perlombaan yang menjadi target dari kegiatan ekstrakurikuler tari tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing ekstrakurikuler tari. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran ekspositori ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu guru pembimbing ekstrakurikuler tari yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 2 Negara Bali. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulasi metode. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ekspositori digunakan pada proses pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali. Strategi pembelajaran tersebut dapat diketahui melalui cara mengajar dan penerapannya, yaitu tujuan pembelajarannya yang berupa pementasan sebagai hasil pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini merupakan pendeskripsian penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: ekstrakurikuler tari, pembelajaran Tari Makepung, strategi pembelajaran ekspositori. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Ni Made Clariza Suryanti | |||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2024 04:14 | |||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 05:12 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16222 |
Actions (login required)
View Item |