Strategi Ekspositori pada Pembelajaran Tari Makepung dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMA Negeri 2 Negara

Clariza Suryanti, Ni Made (2024) Strategi Ekspositori pada Pembelajaran Tari Makepung dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMA Negeri 2 Negara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_SURAT PERNYATAAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_BAB I.pdf

Download (890kB)
[img] Text
Ni Made Clariza Suryanti_2024_BAB V.pdf

Download (397kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori yang diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali. Penerapan strategi pembelajaran yang digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler tari memberikan pembelajaran yang baik dan optimal kepada peserta didik. Hal ini berdampak pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung yang selalu ikut serta pada acara atau perlombaan yang menjadi target dari kegiatan ekstrakurikuler tari tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing ekstrakurikuler tari. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran ekspositori ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu guru pembimbing ekstrakurikuler tari yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 2 Negara Bali. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulasi metode. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ekspositori digunakan pada proses pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali. Strategi pembelajaran tersebut dapat diketahui melalui cara mengajar dan penerapannya, yaitu tujuan pembelajarannya yang berupa pementasan sebagai hasil pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini merupakan pendeskripsian penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Clariza Suryanti, Ni Madenim1910247017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: ekstrakurikuler tari, pembelajaran Tari Makepung, strategi pembelajaran ekspositori.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ni Made Clariza Suryanti
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:14
Last Modified: 06 Feb 2024 05:12
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item