Oktaviani, Sonia (2024) Penggunaan Media Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Balok Pada Ekstrakurikuler Ansambel Musik Di SMPN 3 Sleman. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
SONIA OKTAVIANI_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
SONIA OKTAVIANI_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
SONIA OKTAVIANI_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (462kB) |
|
Text
SONIA OKTAVIANI_2024_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran notasi balok pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMPN 3 Sleman dengan menggunakan media warna untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca notasi balok. Proses pembelajaran notasi balok memerlukan suatu media pembelajaran yang mendukung proses belajar peserta didik untuk mampu memahami notasi balok, sehingga diperlukannya media pembelajaran yang tepat dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi awal, ditemukannya suatu permasalahan pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMPN 3 Sleman yaitu kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca notasi balok. Penelitian ini menawarkan solusi media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunaan media warna dari origami. Penggunaan media warna dipercaya dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam membaca notasi balok. Penelitian ini akan mengkaji penggunaan media warna untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi balok yang digunakan dalam pembelajaran ansambel musik pada kegiatan ekstrakurikuler. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang didukung oleh teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media warna dapat meningkatkan kemampuan membaca notasi balok dalam pembelajaran ansambel musik. Melalui tiga tahapan dalam pelaksanaan penelitian ini (teori, praktik dan tes), peserta didik berhasil memahami pembelajaran notasi balok dan terdapat peningkatan dalam membaca notasi balok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, ansambel musik, notasi balok, media warna, origami | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Sonia Oktaviani | |||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2024 04:41 | |||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2024 04:41 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16409 |
Actions (login required)
View Item |