Penggunaan Media Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Balok Pada Ekstrakurikuler Ansambel Musik Di SMPN 3 Sleman

Oktaviani, Sonia (2024) Penggunaan Media Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Balok Pada Ekstrakurikuler Ansambel Musik Di SMPN 3 Sleman. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
SONIA OKTAVIANI_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SONIA OKTAVIANI_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SONIA OKTAVIANI_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (462kB)
[img] Text
SONIA OKTAVIANI_2024_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran notasi balok pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMPN 3 Sleman dengan menggunakan media warna untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca notasi balok. Proses pembelajaran notasi balok memerlukan suatu media pembelajaran yang mendukung proses belajar peserta didik untuk mampu memahami notasi balok, sehingga diperlukannya media pembelajaran yang tepat dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi awal, ditemukannya suatu permasalahan pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMPN 3 Sleman yaitu kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca notasi balok. Penelitian ini menawarkan solusi media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunaan media warna dari origami. Penggunaan media warna dipercaya dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam membaca notasi balok. Penelitian ini akan mengkaji penggunaan media warna untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi balok yang digunakan dalam pembelajaran ansambel musik pada kegiatan ekstrakurikuler. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang didukung oleh teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media warna dapat meningkatkan kemampuan membaca notasi balok dalam pembelajaran ansambel musik. Melalui tiga tahapan dalam pelaksanaan penelitian ini (teori, praktik dan tes), peserta didik berhasil memahami pembelajaran notasi balok dan terdapat peningkatan dalam membaca notasi balok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Oktaviani, Sonianim19102270132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSuryati, Suryatinidn0001096407
ContributorTio Parahita Nainggolan, Oriananidn0025058303
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, ansambel musik, notasi balok, media warna, origami
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Sonia Oktaviani
Date Deposited: 08 Feb 2024 04:41
Last Modified: 08 Feb 2024 04:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item View Item