Bagas Wibisono, Rio (2024) Student Center Learning Pada Tari Jaran Kepang Turonggo Dwi Manunggal Di Desa Putat Kabupaten Temanggung. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Rio Bagas Wibisono_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Rio Bagas Wibisono_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Rio Bagas Wibisono_2024_PENUTUP.pdf Download (854kB) |
|
Text
Rio Bagas Wibisono_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh guru dan peserta didik agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Pembelajaran pada Tari Jaran Kepang Turonggo Dwi Manunggal mempunyai pendekatan dan strategi dalam pembelajarannya, sehingga anggota sanggar tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Student Center Learning pada Tari Jaran Kepang Turonggo Dwi manunggal di Desa Putat Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini yakni pembelajaran kesenian tari Jaran Kepang Turonggo Dwi Manunggal di Desa Putat, Kabupaten Temanggung dan subjek penelitian ini adalah pelatih dan penari Jaran Kepang Turonggo Dwi Manunggal, serta ketua paguyuban Turonggo Dwi Manunggal Desa Putat. Sumber data penelitian ini adalah pelatih, penari, dan ketua paguyuban Turonggo Dwi Manunggal dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan trianggulasi teknik dan sumber, sedangkan validasi datanya menggunakan data reduksi, data display, data verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Student Center Learning pada Tari Jaran Kepang Turonggo Dwi Manunggal di Desa Putat Kabupaten Temanggung menggunakan karakteristik pada Student Center Learning yaitu aktif, konstruktif, kolaboratif, antusiastik, dialogis, kontekstual, reflektif, multisensory, dan high order thingking skill sehingga menghasilkan pembelajaran yang menarik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | pendekatan pembelajaran, Student Center Learning, tari Jaran Kepang Turonggo Dwi Manunggal | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Rio Bagas Wibisono | |||||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2024 08:36 | |||||||||
Last Modified: | 16 Feb 2024 08:43 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16573 |
Actions (login required)
View Item |