Implementasi Model Pembelajaran Langsung pada Praktik Biola Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul

Tyas Prajwalita, Raras (2024) Implementasi Model Pembelajaran Langsung pada Praktik Biola Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Raras Tyas Prajwalita_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Raras Tyas Prajwalita_2024_BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text
Raras Tyas Prajwalita_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Raras Tyas Prajwalita_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang ada yakni model pembelajaran langsung atau sering juga disebut direct learning. Model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang dilakukan langkah demi langkah dengan arahan langsung oleh guru. Guru berperan sebagai fasilitator. Model ini merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam praktik biola kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran langsung pada praktik biola kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan desain studi kasus. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran langsung pada praktik biola. Sumber data yakni siswa instrumen mayor biola kelas X dan guru praktik biola di SMK Negeri 2 Kasihan. Penelitian ini berlokasi di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan validasi data dengan triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Penelitian ini menggunakan analisis data reduction/reduksi data, data display/penyajian data, dan conclusion drawing/kesimpulan untuk menganalisis data yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran langsung pada praktik biola kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan ditemukan bahwa pada tahap orientasi, presentasi, praktik yang terstruktur, dan praktik terbimbing langkah-langkahnya sudah terpenuhi. Pada tahap praktik mandiri belum dapat terlaksana karena keterbatasan ruang praktik yang digunakan siswa. Implementasi model pembelajaran langsung pada praktik biola dapat melatih siswa agar dalam proses pembelajaran dapat sesuai dengan prosedur yang sistematis serta memperhatikan arahan dan bimbingan yang diberikan oleh guru. Selain itu, siswa yang belum mahir akan didukung penuh dan terbimbing tiap langkah demi langkah untuk dapat mencapai kemampuan yang setara dengan siswa yang kemampuannya lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Tyas Prajwalita, Rarasnim1910222017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPermata Heldisari, Hananidn0029059003
ContributorMartin Simamora, Roynidn0024109007
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: pembelajaran langsung, biola, pembelajaran seni
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Raras Tyas Prajwalita
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:54
Last Modified: 28 Mar 2024 06:31
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16583

Available Versions of this Item

  • Implementasi Model Pembelajaran Langsung pada Praktik Biola Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. (deposited 19 Feb 2024 00:54) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item