Penggunaan Gubahan Lagu sebagai Strategi Menghafal Materi Rantai Makanan bagi Siswa Kelas VC SD Negeri Jurug Sewon Bantul

Handy Setya Pratama, Laurensius (2024) Penggunaan Gubahan Lagu sebagai Strategi Menghafal Materi Rantai Makanan bagi Siswa Kelas VC SD Negeri Jurug Sewon Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
LAURENSIUS HANDY_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAURENSIUS HANDY_2024_BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAURENSIUS HANDY_2024_BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAURENSIUS HANDY_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta mendeskripsikan proses penggunaan gubahan lagu sebagai strategi menghafal materi rantai makanan bagi siswa kelas VC SD Negeri Jurug Sewon Bantul. Kemampuan mengingat dan menghafal merupakan salah faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar dan prestasi peserta didik di kelas yang diukur berdasarkan penguasaan materi pelajaran dalam hal teori. Namun tidak semua peserta didik memiliki kemampuan mengingat dan menghafal yang baik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi data. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat tiga tahapan dalam proses penggunaan gubahan lagu sebagai strategi menghafal materi rantai makanan bagi siswa kelas VC SD Negeri Jurug Sewon Bantul. Tiga tahapan tersebut antara lain, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjut. Melalui ketiga tahapan tersebut, penggunaan gubahan lagu juga dapat mempermudah peserta didik dalam melakukan hafalan, memaksimalkan kinerja memori jangka pendek, meningkatkan antusias peserta didik saat proses pembelajaran, serta menjadikan interaksi antara peserta didik dan guru menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Handy Setya Pratama, Laurensiusnim20102400132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIsmudiati, Endangnidn0022016101
ContributorRamafisela, Lingganidn0010039204
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: gubahan lagu, materi rantai makanan, menghafal
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Laurensius Handy Setya Pratama
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:27
Last Modified: 29 Jul 2024 06:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item View Item