Metode Tutor Sebaya Sebagai Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Musik Di SMPK ST Bernardus Madiun

Sus Renata, Theresia Avilla (2024) Metode Tutor Sebaya Sebagai Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Musik Di SMPK ST Bernardus Madiun. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Theresia Avilla Sus Renata_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Theresia Avilla Sus Renata_2024_BAB 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Theresia Avilla Sus Renata_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Theresia Avilla Sus Renata_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode tutor sebaya yang digunakan sebagai strategi pembelajaran ekstrakurikuler seni musik di SMP Katolik Santo Bernardus Madiun. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan serta menganalisis penggunaan metode tutor sebaya dan proses belajar peserta didik pada ekstrakurikuler seni musik tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler seni musik dan peserta didik ekstrakurikuler seni musik SMP Katolik Santo Bernardus Madiun. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta studi dokumen. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi, paparan, dan penarikan kesimpulan. Hasil daripenelitian ini ditemukan bahwa penggunaan metode tutor sebaya diterapkan dengan cara memilih siswa yang memiliki kemampuan musik lebih untuk menjadi tutor bagi temannya. Aktivitas pembelajaran tutor sebaya melibatkan pembentukan kelompok-kelompok kecil, dimana setiap kelompok memiliki satu atau dua tutor. Aktvitas ini mencakup praktek bermain alat musik, diskusi kelompok, dan latihan bersama. Metode tutor sebaya, relevan untuk dilakukan dengan terbukti dari semangat belajar dan capaian prestasi yang telah diraih.Penggunaan metode tutor sebaya memiliki potensi baik terhadap seluruh peserta didik karena terbentuk rasa tanggung jawab, interaksi, dan kepedulian antar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sus Renata, Theresia Avillanim20102430132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWahyu Widodo, Trinidn0014027301
ContributorFaozata Adzkia, Sagafnidn0012048408
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ekstrakurikuler Seni Musik, Metode Tutor Sebaya
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Theresia Avilla Sus Renata
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:19
Last Modified: 29 Jul 2024 08:19
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item View Item