Penerapan Metode Drill Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Bagi Siswa Di Sekolah Menengah Atas Stella Duce 2 Yogyakarta

Aditya Eranius, Angel (2024) Penerapan Metode Drill Pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Bagi Siswa Di Sekolah Menengah Atas Stella Duce 2 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Angel Aditya Eranius_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Angel Aditya Eranius_2024_BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Angel Aditya Eranius_2024_BAB V.pdf

Download (535kB)
[img] Text
Angel Aditya Eranius_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Stero Orchestra merupakan kegiatan eksrtakurikuler orkestra yang terdapat di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode drill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai ekstrakurikuler orkestra. Melalui penelitian ini diharapkan sekolah umum lainnya dapat memiliki kegiatan bermusik seperti yang sudah dilakukan di sekolah ini sehingga talenta bermusik siswa dapat tersalurkan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Terdapat tiga jenis studi kasus dalam buku Robert Yin yaitu ekploratori, eksplanatori dan deskriptif. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikulker orkestra yang terdapat di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta belum sesuai dengan orkestra sebenarnya. Namun kegiatan yang terdapat di sekolah ini dapat disebut ansambel campuran Metode yang digunakan untuk pembelajaran kegiatan ini sudah sudah tepat. Metode drill merupakan metode yang baik untuk pembelajaran yang membutuhkan keterampilan. Kegiatan ini dapat menjadi identitas SMA Stella Duce 2 Yogyakarta yang diunggulkan dalam bidang non akademik karena sekolah ini merupakan sekolah umum yang mengawali adanya kegiatan ekstrkurikuler orkestra dan juga aktif dalam berbagai kegiatan sehingga hal ini memiliki daya tarik dan menjadi ciri khas tersendiri bagi sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aditya Eranius, Angelnim20102630132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorR.M. Surtihadi, R.M. Surtihadinidn0005077006
ContributorArtanto, Meinidn0011059003
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Ekstrakurikuler, Orkestra.
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Angel Aditya Eranius
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:41
Last Modified: 30 Jul 2024 01:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16863

Actions (login required)

View Item View Item