Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Tari Tradisional: Tinjauan dari Perspektif Guru dan Siswa di SMP Negeri 1 Limpung, Batang

Irfana Sulistyorini, Sofya (2024) Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Tari Tradisional: Tinjauan dari Perspektif Guru dan Siswa di SMP Negeri 1 Limpung, Batang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
SOFYA IRFANA SULISTYORINI_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SOFYA IRFANA SULISTYORINI_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SOFYA IRFANA SULISTYORINI_2024_BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
SOFYA IRFANA SULISTYORINI_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

SMP Negeri 1 Limpung sebagai sekolah pelopor, sekolah adiwiyata, sekolah inspiratif, dan menuju sekolah anak menjadi satu-satunya sekolah di Kecamatan Limpung yang menerapkan literasi digital dalam proses pembelajaran. Literasi digital merupakan pemanfaatan daya guna teknologi dalam meningkatkan daya tarik membaca. Implementasi literasi digital dapat membantu pada proses pembelajaran peserta didik dalam memperoleh informasi dan pengetahuan baru termasuk pembelajaran tari tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan literasi digital dalam pembelajaran tari tradisional yang ditinjau dari perspektif guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu, mendeskripsikan implementasi literasi digital di SMP Negeri 1 Limpung yang ditinjau dari perspektif guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi literasi digital dalam pembelajaran tari tradisional. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar pembelajaran tari tradisional dan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran tari tradisional di SMP Negeri 1 Limpung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan membandingkan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menurut perspektif guru, literasi digital dalam pembelajaran tari tradisional dapat meningkatkan kemampuan siswa melalui digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety pada proses pembelajaran.. Menurut perspektif siswa, pembelajaran tari yang menerapkan literasi digital dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, nilai, dan minat siswa dalam pembelajaran tari tradisional. Kendala berasal dari faktor internal yaitu, kurangnya pemahaman siswa dan eksternal yaitu, jaringan tidak stabil serta ponsel yang tidak mendukung membuka web atau aplikasi tertentu. Kegiatan evaluasi dilakukan pada akhir pembelajaran dengan melakukan apersepsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Irfana Sulistyorini, Sofyanim2010272017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartin Simamora, Roynidn0024109007
ContributorPermata Heldisari, Hananidn0029059003
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Literasi digital, pembelajaran, tari tradisional, perspektif guru dan siswa, SMP Negeri 1 Limpung
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Sofya Irfana Sulistyorini
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:17
Last Modified: 30 Jul 2024 14:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16999

Actions (login required)

View Item View Item