Perancangan Buku Interaktif tentang Hadits Nabi untuk Anak Kelas 1-3 Sekolah Dasar

Qurrota Ayuni, Nurazizah (2024) Perancangan Buku Interaktif tentang Hadits Nabi untuk Anak Kelas 1-3 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nurazizah Qurrota Ayuni_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Nurazizah Qurrota Ayuni_2024_BAB I.pdf

Download (896kB)
[img] Text
Nurazizah Qurrota Ayuni_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nurazizah Qurrota Ayuni_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pendidikan pada masa kanak-kanak khususnya masa-masa Sekolah Dasar diperlukan untuk membentuk karakter yang berakhlak baik. Pendidikan dapat diartikan sebagai bentuk usaha manusia untuk membina kepribadian dirinya berdasarkan nilai-nilai dan kebudayaan yang ada di dalam masyarakat. Salah satu bentuk pendidikan adalah pendidikan agama Islam. Dalam perspektif pendidikan Islam, pendidikan anak merupakan sebuah proses mendidik, mengasuh, dan melatih jasmani dan rohani yang dilakukan orang tua sebagai tanggung jawabnya terhadap anak dengan berlandaskan nilai baik dan terpuji bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah atau yang biasa dikenal dengan hadits. Hadits merupakan bagian dari pendidikan Agama Islam karena hadits adalah pedoman kedua bagi umat Islam setelah Al-Qur’an. Peranan hadits sangatlah penting dalam pengembangan kecerdasan spiritual pada anak dalam perspektif agama Islam. Karena itu perlu dibuat perancangan buku interaktif untuk mendukung pembelajaran hadits kepada anak usia 6-8 tahun. Tujuan kreatif perancangan ini adalah memudahkan anak-anak dalam mempelajari hadits-hadits Nabi Muhammad SAW melalui buku interaktif dan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkesan bagi anak. Interaktifitas dalam buku berupa lift a flap, pop up dan participation. Buku interaktif ini dibuat berdasarkan analis data dengan metode 5W + 1H yang didapat melalui observasi kuisioner, studi pustaka, dan wawancara untuk menjawab rumusan masalah. Hasil perancangan berupa buku interaktif berisi 12 materi hadits. Warna cerah dan harmonis serta gaya ilustrasi kartun digunakan dalam perancangan. Gaya penulisan naskah menggunakan gaya penulisan naratif dan deskriptif. Sedangkan, jenis huruf menggunakan font sans serif yang diaplikasikan pada naskah berdasarkan pertimbangan kenyamanan mata anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Qurrota Ayuni, Nurazizahnim1812488024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTunggul Aji, Darunidn0003018706
ContributorWidowati, Heningtyasnidn0024017704
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi, Interaktif, Buku Interaktif, Hadits, Anak
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: NURAZIZAH QURROTA AYUNI
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:52
Last Modified: 31 Jul 2024 04:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17139

Actions (login required)

View Item View Item