Cahayu Mustika, Ella (2024) Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Tari Kreasi Bali Gaya Putra dan Putri di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ella Cahayu Mustika_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Ella Cahayu Mustika_2024_BAB I.pdf Download (915kB) |
|
Text
Ella Cahayu Mustika_2024_BAB V.pdf Download (216kB) |
|
Text
Ella Cahayu Mustika_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan peserta didik Jurusan Seni Pertunjukan SMK Negeri 1 Banyuwangi dalam meraih prestasi diperlukan dukungan, kerjasama, inovasi antara guru dan peserta didik. Inovasi yang dilakukan guru produktif Jurusan Seni Pertunjukan untuk menunjang keberhasilan kegiatan belajar dan meningkatkan hasil belajar baik dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian mendeskripsikan proses pembelajaran pada materi Tari Kreasi Bali Gaya Putra dan Putri di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian yaitu model pembelajaran inkuiri pada materi Tari Kreasi Bali Gaya Putra dan Putri di SMK Negeri 1 Banyuwangi, dengan subjek penelitian guru produktif dan peserta didik kelas XI Jurusan Seni Pertunjukan. Sumber data adalah ketua program keahlian Jurusan Seni Pertunjukan, guru produktif, dan 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Miles & Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri pada materi Tari Kreasi Bali Gaya Putra dan Putri di SMK Negeri 1 Banyuwangi berjalan dengan baik dan sesuai dengan enam tahapan model pembelajaran inkuiri yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan di setiap kegiatan pembelajaran. Jenis pendekatan inkuiri yang digunakan yaitu inkuiri terbimbing. Adanya model pembelajaran inkuiri pada materi Tari Kreasi Bali Gaya Putra dan Putri membuat peserta didik lebih mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya, meningkatkan keterampilan dalam memperagakan gerak, lebih aktif, dan meningkatkan rasa percaya diri dengan dibuktikan melalui nilai peserta didik yang meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, inkuiri, tari kreasi Bali. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Ella Cahayu Mustika | |||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 06:34 | |||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:34 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17341 |
Actions (login required)
View Item |