Penguatan profil pelajar Pancasila melalui Projek Gelar Karya berbasis Seni Pertunjukan pada Program Asistensi Mengajar

Probosini, Agustina Ratri and Permata Heldisari, Hana and Erlinda Noti, Elfrida (2023) Penguatan profil pelajar Pancasila melalui Projek Gelar Karya berbasis Seni Pertunjukan pada Program Asistensi Mengajar. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Agustina Ratri Probosini_2023_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Agustina Ratri Probosini_2023_Bab I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Agustina Ratri Probosini_2023_Bab VI.pdf

Download (168kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Rekatnya unsur pendidikan dan kebudayaan yang dapat dikandung oleh sebuah pertunjukan membuat kesenian ini dipertahankan dan dilestarikan salah satunya melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek ini merupakan salah satu pembahasan dalam Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah dasar hingga sekolah menengah. Tujuan P5 dalam Kurikulum Merdeka menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif serta dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan. Visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila, dengan mewujudkan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. SMP Taman Dewasa Jetis dalam P5 pada tahun 2023 mengusung kegiatan pementasan drama. Adapun tema yang diambil adalah gaya hidup berkelanjutan dengan dimensi bernalar kritis dan berkebhinekaan global. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proyek gelar karya berbasis seni pertunjukan dan perannya terhadap penguatan profil pelajar Pancasila melalui program asisten mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan, dan studi dokumentasi berupa video karya yang divalidasi melalui triangulasi teknik dan sumber dari peserta asisten mengajar, guru pendamping proyek, dan siswa pelaksana proyek. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran terhadap salah satu cara untuk mewujudkan penguatan profil pelajar Pancasila melalui seni pertunjukan. Penelitian ini berada pada TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) level 3 yaitu pembuktian konsep (proof-of-concept) fungsi dan/atau karakteristik profil pelajar Pancasila secara analitis dan eksperimental. Hasil penelitian akan dipublikasikan pada salah satu jurnal ilmiah terakreditasi Dikti yaitu jurnal Dwija Cendekia (SINTA 3) dan dipaparkan di seminar internasional ICLIQE #3

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Probosini, Agustina Ratrinidn0014086417
Permata Heldisari, Hananip.199005292019032010
Erlinda Noti, Elfridanim2010296017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDCau Arsana, I Nyomannidn0007117104
Uncontrolled Keywords: pelajar Pancasila, seni pertunjukan, asistensi mengajar
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:25
Last Modified: 06 Aug 2024 05:25
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17622

Actions (login required)

View Item View Item