Efektivitas Project Based Learning Pada Capaian Mata Kuliah Fotografi Cetak Tua, Studi Kasus Pameran APHIC Week #3 ‘Eksplorasa”

Jemmi Andrea, Novan and Susanto Anom Purnomo, Aji and Maulana, Irfan (2023) Efektivitas Project Based Learning Pada Capaian Mata Kuliah Fotografi Cetak Tua, Studi Kasus Pameran APHIC Week #3 ‘Eksplorasa”. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Novan Jemmi Andrea_2023_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Novan Jemmi Andrea_2023_Bab I .pdf

Download (285kB)
[img] Text
Novan Jemmi Andrea_2023_Bab VII .pdf

Download (93kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Prodi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta merupakan satu-satunya perguruan tinggi seni yang mengajarkan fotografi cetak tua. Proses perkuliahan mata kuliah ini dijalankan model Project Based Learning (PBL). Namun demikian, analisis mengenai efektivitas PBL pada mata kuliah ini dan atau mata kuliah praktikum lainnya secara umum belum dilakukan. Kesenjangan ini menjadi permasalahan utama yang akan dideskripsikan melalui penelitian ini. Teori atau konsep yang digunakan yaitu tentang model PBL. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Pameran Alternative Photographic Process Week (APHIC Week) #3 ‘Eksplorasa” yang dikelola dan diikuti oleh mahasiswa angkatan 2021. Tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data, diantaranya berupa dokumen kegiatan pengelolaan pameran, karya seni yang dibuat mahasiswa, dan publikasi penyelenggaraan pameran. Selanjutnya disusul dengan tahapan pengolahan data, dan proses analisis serta deskripsi untuk menguraikan indikator efektivitas penerapan PBL. Berdasarkan analisis tentang pengalaman belajar dan strategi pengelolaan serta pelaksanaan pameran, efektivitas dan capaian peningkatan keterampilan teknis terwujud pada hasil eksplorasi teknis yang dilakukan mahasiswa untuk menghasilkan karya yang artistik. Sedangkan indikator efektivitas non teknis dicapai dari pengelolaan perencanaan dan pelaksanaan pameran oleh mahasiswa yang terlaksana dan mendapatkan atensi publik. Hal tersebut sekaligus merupakan aspek orisinalitas dari penelitian ini.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Jemmi Andrea, Novannip198612192019031009
Susanto Anom Purnomo, Ajinip198910222019031007
Maulana, Irfannim1611977022
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Project Based Learning, Mata Kuliah Fotografi Cetak Tua, Pameran APHIC Week #3,‘Eksplorasa”
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 14 Aug 2024 05:59
Last Modified: 14 Aug 2024 05:59
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item