Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul

Maria Larasati, Antonia (2014) Persepsi Bahasa Visual Angka Konsumen pada Iklan Televisi Deterjen Terhadap Preferensi Kaum Ibu di Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Televisi rnerupakan salah satu media yang digunakan dalarn penyarnpaian berbagai informasi kepada masyarakat. Penyarnpaian informasi yang tidak hanya melalui verbal namun juga melalui visual membuat televisi menjadi media yang diunnggulkan karena kemudahannya dalam menyampaikan pesan. Melalui visual pada televisi, iklan dapat 'menarik' penonton agar dapat tertarik dengan produk yang mereka tawarkan. Berbagai cara atau kreasi dilakukan oleh pengiklan agar iklan mereka mudah diingat oleh penonton, salah satunya iklan deterjen. Kaum ibu merupakan sasaran konsumen yang dianggap sebagai pemegang keputusan penting dalam pembelian suatu produk dalam rurnah tangganya. Pertimbangan seperti pengalaman, kebutuhan rurnah tangga, akan mempengaruhi terhadap keputusan pembelian suatu barang. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi apa yang timbul dari bahasa visual tersebut dan bagaimana preferensi konsumen kaum ibu terhadap produk sabun deterjen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dimana peneliti menguji teori tertentu dan meneliti hubungan antarvariabel didalam penelitian ini. Strategi yang digunakan yaitu dengan survei dimana peneliti terjun langsung rnengumpulkan data melalui angket dari kaum ibu selain itu juga dengan menggunakan wawancara terhadap ahli periklanan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teori persepsi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, para kaum ibu tidak terpengaruh dengan visual yang ditampilkan di televisi. Para kaum ibu lebih mengutamakan basil dari paroduk yang dipakai, serta pengalaman baik dari diri sendiri maupun dari luar menjadi referensi dalam menggunakan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Maria Larasati, Antonianim0911857024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
ContributorBangsa, P. Gogornidn0006017002
Department: KODEPRODI364010#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Iklan, Persepsi, Preferensi, Konsumen
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:49
Last Modified: 19 Aug 2024 01:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18113

Actions (login required)

View Item View Item