Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Musik Kelas IV

Dian Pertiwi, Zefani (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Musik Kelas IV. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Zefani Dian Pertiwi_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Zefani Dian Pertiwi_2025_BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Zefani Dian Pertiwi_2025_BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Zefani Dian Pertiwi_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk pembelajaran Seni Musik kelas IV khususnya pada materi irama dan nada. Media pembelajaran ini dikembangkan untuk menunjang dan mempermudah guru dalam proses pembelajaran dalam kelas. Hal ini dikarenakan kendala seperti guru yang kesulitan dalam menyampaikan isi materi sehingga pembelajaran menjadi kurang optimal. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (RnD) dengan model 4D oleh Thiagarajan. Proses pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari dari empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (diseminasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sebelum diujicobakan, produk media melalui proses validasi oleh ahli materi dan media. Ujicoba pengembangan dilakukan di SD Negeri Rojoniten Bantul terutama kepada siswa dan guru kelas IV. Hasil validasi pada produk media menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline layak digunakan dengan hasil rata-rata skor 4,6 oleh ahli media dan 4,7 oleh ahli materi. Selain itu, media pembelajaran ini juga mendapatkan respon positif dari guru juga peserta didik dengan mendapatkan rata-rata skor 4,5 oleh peserta didik dan 4,9 oleh guru kelas, sehingga produk media pembelajaran ini tergolong dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline layak digunakan sebagai media pembelajaran, mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa, dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi irama dan nada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dian Pertiwi, Zefaninim20102520132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTio Parahita Nainggolan, Oriananidn0025058303
ContributorGinandha Sakti, Rezanidn0010118908
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline, Pembelajaran Musik, Irama dan Nada, SD Negeri Rojoniten Bantul
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Zefani Dian Pertiwi
Date Deposited: 21 Jan 2025 01:19
Last Modified: 21 Jan 2025 01:19
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item