Puspita Rini, Lita (2025) Strategi Pembelajaran Pada Ekstrakurikuler Band di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
![]() |
Text
Lita Puspita Rini_2025_Bab V.pdf Download (307kB) |
![]() |
Image
CamScanner 12-02-2025 17.14.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Lita_Puspita Rini_2025_Bab I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LITA PUSPITA RINI_2025_FULLTEXT fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian) kegiatan termasuk penggunaan metode pembelajaran untuk menghasilkan belajar peserta didik yang optimal. Pada awal fasilitas ekstrakurikuler band dari sekolah minim. Setelah sekolah mengetahui bahwa ekstrakurikuler band memiliki prestasi dan peningkatan minat peserta didik, sekolah melengkapi fasilitas secara bertahap. Pada kajian ini, memfokuskan perhatian pada strategi pembelajaran yang digunakan dalam ekstrakurikuler band di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pada pembelajaran ekstrakurikuler band dari tahun ke tahun minat peserta didik meningkat. Hal ini pun menarik peneliti untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru, karena dengan minimnya fasilitas yang memadai, berbanding balik dengan peningkatan minat dan prestasi peserta didik yang semakin bertambah. Melalui penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran yang digunakan dalam konteks ekstrakurikuler band di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama empat kali pertemuan. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan objek strategi pembelajaran pada ekstrakurikuler band, dan subjek dalam penelitian ini guru ekstrakurikuler dan peserta didik. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler band di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berjalan dengan aktif dan menjadi salah ekstrakurikuler favorit. Hal ini dapat dilihat dari aktifnya latihan rutin, jumlah anggota yang meningkat, serta prestasi yang didapatkan, baik dalam acara sekolah maupun lomba di luar sekolah. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa ekstrakurikuler band di sekolah ini mampu menarik minat peserta didik untuk berprestasi terhadap perkembangan keterampilan musik dan sosial. Strategi yang digunakan oleh guru ekstrakurikuler band adalah strategi pembelajaran induktif, strategi pembelajaran langsung, dan strategi pembelajaran mandiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, ekstrakurikuler, band | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Lita Puspita Rini | |||||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:16 | |||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:03 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |