Penerapan Metode Hand Sign Kodaly Dalam Mengenalkan Tangga Nada Diatonis Di Kelas 3 SD Negeri 02 Blunyahan Kaliputih Sewon

Kanisius Prasetyo Wibowo, Petrus (2025) Penerapan Metode Hand Sign Kodaly Dalam Mengenalkan Tangga Nada Diatonis Di Kelas 3 SD Negeri 02 Blunyahan Kaliputih Sewon. Skripsi thesis, ISI YOGYAKARTA.

[img] Text
Petrus_2025 Bab V Fix.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Petrus_2025_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Petrus_2025_FULL TEXT BAB I Fix.pdf

Download (960kB)
[img] Text
Petrus_2025_FULL TEXT fix.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Membaca solmisasi tangga nada merupakan kemampuan dasar yang penting dalam pembelajaran seni musik, karena mampu melatih kepekaan nada pada anak. Penelitian ini berfokus pada kelas 3 di SD Negeri 02 Blunyahan. Adanya penelitian ini, dikarenakan siswa belum mendapatkan pelajaran musik dari guru pengajar, sehingga ekstrakurikuler drum band menjadi salah satu sarana siswa untuk mendapatkan pengalaman bermusik. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini, menggunakan metode hand sign kodaly agar siswa mampu memahami dan menghafal pola solmisasi tangga nada diatonis dikarenakan terdapat siswa yang tidak memiliki pianika. Proses pengenalan metode hand sign kodaly, dilakukan dengan demonstrasi gerakan yang selanjutnya diikuti oleh siswa. Proses belajar secara kelompok ikut dilibatkan ketika penelitian berlangsung, karena siswa mampu belajar bersama dalam memahami dan menghafal gerakan tangan pada masing-masing solmisasi. Hasil dari penelitian ini disajikan secara deskriptif bahwa siswa mengalami perkembangan dalam memahami teori musik terlebih dalam memahami solmisasi tangga nada diatonis dengan menggunakan metode hand sign kodaly. Siswa-siswi kelas 3 SD sangat terbantu dan secara lebih cepat mampu memahami konsep hand sign kodaly yang digunakan. Lebih daripada itu, atmosfer pembelajaran dikelas menjadi lebih aktif dan interaktif, diwujudkan dari respon siswa dengan secara lebih cepat dan tepat dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kanisius Prasetyo Wibowo, Petrusnim20102560132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBramantyo, Triyononidn0018025702
ContributorWarsono, Warsononidn0003018408
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Metode Hand Sign Kodaly; solmisasi tangga nada diatonis; perkembangan musik anak 6-8 tahun; pembelajaran musik anak kelas 3 SD; SD Negeri 02 Blunyahan
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Petrus Kanisius Prasetyo Wibowo
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:07
Last Modified: 05 Mar 2025 04:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19646

Actions (login required)

View Item View Item