Wisesa, Pandu (2025) Penerapan Dynamic Camera Movement Sebagai Visualisasi Physical Emotions Tokoh Utama dalam Sinematografi Film Fiksi "HAJAR!!!". Skripsi thesis, institut seni indonesia yogyakarta.
![]() |
Text
PANDU WISESA_2025_BAB 1.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
PANDU WISESA_2025_BAB PENUTUTP.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
![]() |
Text
view_usp=drivesdk Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
![]() |
Text
PANDU WISESA_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI-rev2024.pdf Download (166kB) |
Abstract
Dalam film, emosi fisik merupakan unsur penting dalam menciptakan atmosfer yang mampu memperkuat dramatika adegan maupun alur cerita. Salah satu cara untuk membangun emosi fisik tersebut adalah melalui unsur sinematografi. Dalam karya film fiksi berjudul “HAJAR!!!”, penggunaan sinematografi dengan pendekatan dynamic camera movement bertujuan untuk merekam dan memvisualisasikan emosi fisik yang dialami oleh tokoh utama agar penonton dapat merasakan emosi yang sedang berlangsung. Metode penciptaan yang digunakan meliputi tahap eksplorasi, perancangan, dan realisasi dengan pendekatan riset berbasis praktik. Tahap eksplorasi dilakukan melalui analisis naskah guna mengidentifikasi emosi fisik tokoh utama, yang dikelompokkan ke dalam tiga kondisi yaitu detak jantung cepat, otot yang mengendur, dan sensasi pusing. Kemudian, dilakukan perancangan untuk menghubungkan kondisi tersebut dengan teknik dynamic camera movement, yang terbagi menjadi tiga pendekatan teknis: handheld support, stabilizer support, dan slow shutter. Tahap terakhir adalah perwujudan karya dalam proses produksi film. Penerapan konsep ini memungkinkan visualisasi emosi fisik tokoh utama secara sinematik melalui gerakan kamera yang dinamis, sehingga suasana batin karakter dapat tersampaikan secara kuat. Hasil dari penciptaan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pengetahuan dan pemahaman dalam bidang sinematografi, khususnya dalam menggambarkan emosi fisik tokoh melalui bahasa visual yang efektif. Kata kunci: Physical Emotions; Dynamic Camera Movement; Film “HAJAR!!!”;Metode Eksplorasi, Perancangan, Produksi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | 91262#FILM dan TELEVISI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Physical Emotions; Dynamic Camera Movement; Film “HAJAR!!!”;Metode Eksplorasi, Perancangan, Produksi | |||||||||
Subjects: | Audio Visual Televisi > Televisi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | Pandu Wisesa | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:13 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:13 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |