Efektivitas Lirik Lagu Pop “Terhebat” Coboy Junior dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Sewon

Maulana, Aji (2025) Efektivitas Lirik Lagu Pop “Terhebat” Coboy Junior dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Sewon. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Aji Maulana_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Aji Maulana_2025_BAB 1.pdf

Download (877kB)
[img] Text
Aji Maulana_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Aji Maulana_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Aji Maulana_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas lirik lagu pop “Terhebat” Coboy Junior dalam membentuk kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Sewon. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran, seperti mengemukakan pendapat, mengambil keputusan, mengerjakan tugas, sikap optimis, dan berbicara di depan umum. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) berupa pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan lagu “Terhebat” dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah angket skala Likert yang telah diuji validitas (Aiken’s V = 0,856) dan reliabilitasnya (Cronbach Alpha = 0,751). Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen meningkat dari pretest 49,87 menjadi posttest 55,22, dengan standar deviasi menurun dari 5,363 menjadi 5,097, menandakan ada peningkatan kepercayaan diri siswa. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon menunjukan nilai sig 0,000, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Temuan ini membuktikan bahwa lirik lagu pop dengan muatan pesan motivasi secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, serta berfungsi sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif dalam membentuk karakter di lingkungan pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Maulana, Ajinim21102980132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBramantyo, Triyononidn0018025702
ContributorWidodo, Trinidn0014027301
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pembentukan Karakter; Lagu pop; Kepercayaan Diri; Siswa Menengah Pertama.
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Aji Maulana
Date Deposited: 24 Jun 2025 00:56
Last Modified: 24 Jun 2025 00:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20130

Actions (login required)

View Item View Item