Anastasia Roma, Hendrika (2025) Pengaruh Gaya Belajar Auditori Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tari Di SMP Negeri 14 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Hendrika Anastasia Roma_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Hendrika Anastasia Roma_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Hendrika Anastasia Roma_2025_PENUTUP.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
Hendrika Anastasia Roma_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Hendrika Anastasia Roma_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
Abstract
Pemilihan gaya belajar auditori sebagai variabel dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan bahwa pembelajaran tari umumnya lebih identik dengan gaya belajar kinestetik. Namun demikian, dalam proses pembelajaran tari, peserta didik tidak hanya dituntut untuk mampu menggerakkan tubuh, tetapi juga harus memiliki kemampuan menyimak instruksi verbal, memahami irama musik, serta menangkap penjelasan guru yang disampaikan secara auditif. Oleh karena itu, gaya belajar auditori dipandang relevan untuk diteliti lebih lanjut, khususnya dalam hubungannya dengan konsentrasi belajar peserta didik. Konsentrasi belajar merupakan aspek penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran tari yang memerlukan fokus tinggi terhadap rangsangan auditif dan gerakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh dari gaya belajar auditori terhadap konsentrasi belajar peserta didik pada pembelajaran tari di SMP Negeri 14 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini yaitu primer yang bersumber dari peserta didik, dan sekunder yang bersumber dari hasil literatur, website, artikel, jurnal, buku dan penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan data yaitu melalui kuesioner atau angket yang akan disebarkan kepada peserta didik dengan 59 responden menggunakan teknik random sampling dan teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis data inferensial. Dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi pearson (product moment) serta jawaban hipotesis yang menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Setelah melalui penyebaran angket, pengumpulan, serta analisis data secara menyeluruh, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar auditori memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi belajar dengan distribusi nilai sebesar 41,5%. Namun analisis juga mengungkapkan bahwa terdapat 58,5% yang dimungkinkan dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar auditori, konsentrasi belajar, pembelajaran tari | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Hendrika Anastasia Roma | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 00:52 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:05 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |