Anggun Yonada, Chintya (2025) Strategi Practice Rehearsal Pairs dalam Pembelajaran Drama Musikal Bagi Siswa Sekolah Dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Chintya Anggun Yonada_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Chintya Anggun Yonada_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Chintya Anggun Yonada_2025_PENUTUP.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Chintya Anggun Yonada_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Chintya Anggun Yonada_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
Abstract
Drama musikal merupakan bentuk pembelajaran seni yang mengintegrasikan tiga bidang yaitu seni drama, tari, dan musik. Sanggar Tari Giri Keswara Kediri mengajarkan materi drama musikal bagi siswa sekolah dasar. Diperlukan cara untuk mengajarkan keterampilan beragam sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang mulai membangun interaksi dengan teman sebayanya. Strategi Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan partisipasi siswa secara berpasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran pada pembelajaran drama musikal untuk siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah pelatih drama musikal, siswa, dan pengurus Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Objek penelitian ini adalah penggunaan strategi Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran drama musikal bagi siswa siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu pelatih drama musikal Sanggar Tari Giri Keswara, pengurus dan siswa sanggar yang mengikuti pembelajaran drama musikal. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui pengorganisasian data, membaca keseluruhan data, koding, identifikasi tema, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Practice Rehearsal Pairs digunakan dalam proses pembelajaran drama musikal bagi siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Strategi Practice Rehearsal Pairs merupakan strategi pembelajaran yang dilakukan secara berpasangan dan diterapkan dalam latihan olah vokal, ekspresi, menari, dan menyanyi. Hasil penerapan strategi ini dalam pembelajaran drama musikal bagi siswa sekolah dasar meningkatkan interaksi sosial siswa, kemampuan menguasai drama, tari, dan musik secara sekaligus, dan peningkatan kemampuan pada teknik latihan drama, tari, dan musik sesuai materi drama musikal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | strategi Practice Rehearsal Pairs, pembelajaran drama musikal, siswa sekolah dasar. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Chintya Anggun Yonada | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 00:54 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 00:54 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |