Strategi Practice Rehearsal Pairs dalam Pembelajaran Drama Musikal Bagi Siswa Sekolah Dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri

Anggun Yonada, Chintya (2025) Strategi Practice Rehearsal Pairs dalam Pembelajaran Drama Musikal Bagi Siswa Sekolah Dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Chintya Anggun Yonada_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Chintya Anggun Yonada_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Chintya Anggun Yonada_2025_PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Chintya Anggun Yonada_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Chintya Anggun Yonada_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Drama musikal merupakan bentuk pembelajaran seni yang mengintegrasikan tiga bidang yaitu seni drama, tari, dan musik. Sanggar Tari Giri Keswara Kediri mengajarkan materi drama musikal bagi siswa sekolah dasar. Diperlukan cara untuk mengajarkan keterampilan beragam sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang mulai membangun interaksi dengan teman sebayanya. Strategi Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan partisipasi siswa secara berpasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran pada pembelajaran drama musikal untuk siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah pelatih drama musikal, siswa, dan pengurus Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Objek penelitian ini adalah penggunaan strategi Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran drama musikal bagi siswa siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu pelatih drama musikal Sanggar Tari Giri Keswara, pengurus dan siswa sanggar yang mengikuti pembelajaran drama musikal. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui pengorganisasian data, membaca keseluruhan data, koding, identifikasi tema, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Practice Rehearsal Pairs digunakan dalam proses pembelajaran drama musikal bagi siswa sekolah dasar di Sanggar Tari Giri Keswara Kediri. Strategi Practice Rehearsal Pairs merupakan strategi pembelajaran yang dilakukan secara berpasangan dan diterapkan dalam latihan olah vokal, ekspresi, menari, dan menyanyi. Hasil penerapan strategi ini dalam pembelajaran drama musikal bagi siswa sekolah dasar meningkatkan interaksi sosial siswa, kemampuan menguasai drama, tari, dan musik secara sekaligus, dan peningkatan kemampuan pada teknik latihan drama, tari, dan musik sesuai materi drama musikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Anggun Yonada, Chintyanim2110311017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
ContributorHeldisari, Hana Permatanidn0029059003
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: strategi Practice Rehearsal Pairs, pembelajaran drama musikal, siswa sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Chintya Anggun Yonada
Date Deposited: 25 Jun 2025 00:54
Last Modified: 25 Jun 2025 00:54
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20891

Actions (login required)

View Item View Item