Analisis Strategi Brand Building Sampul Album ‘Brat’ yang Menjadi Fenomena di Dunia Maya

Rahma Agusti, Amalia (2025) Analisis Strategi Brand Building Sampul Album ‘Brat’ yang Menjadi Fenomena di Dunia Maya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Amalia Rahma Agusti_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Amalia Rahma Agusti_2025_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Amalia Rahma Agusti_2025_BAB 5.pdf

Download (497kB)
[img] Text
Amalia Rahma Agusti_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi brand building dari album ‘Brat’ karya artis asal Inggris Charli XCX. Cara pemasaran dari album dengan memanfaatkan meme menyebabkan keramaian di internet sepanjang bulan Juni 2024 hingga tahun 2025 saat penelitian ini dibuat. Ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian ini didasari pada keramaian yang disebabkan oleh kegiatan branding dari sampul album ‘Brat’ yang dinilai sebagai desain sampul album yang aneh. Sehingga rumusan masalah yang diambil dari penelitian ini adalah untuk bagaimana menganalisis strategi Brand-Building dari desain sampul album ‘Brat’ sehingga menjadi fenomena dan banyak digunakan pada konten postingan pengguna internet. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif berbasis digital dengan menggunakan pendekatan teori brand building milik Marty Neumeier. Teori ini berisikan lima disiplin yang digunakan untuk menghasilkan merek yang berkharismatik. Sampel penelitian ini adalah meme yang berkaitan dengan ‘Brat’ yang diunggah di media sosial X dan Instagram. Selain sampel, data yang lain juga dikumpulkan melalui dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan branding album ‘Brat’ telah menggunakan kelima disiplin teori brand building Marty Neumeier yang menunjukkan bahwa ‘Brat’ merupakan brand yang karismatik. Sampul album ‘Brat’ menunjukkan bahwa dengan mengaplikasikan strategi branding yang baik, identitas yang dalam mampu tercipta sesuai dengan visi artisnya, sehingga dapat menarik perhatian pasar dan meningkatkan kesuksesan komersil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rahma Agusti, Amalianim2012720024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
ContributorFaizal Rochman, Mochamadnidn0021027802
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: media sosial, brand building, sampul album
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Amalia Rahma Agusti
Date Deposited: 30 Jun 2025 01:17
Last Modified: 30 Jun 2025 01:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21230

Actions (login required)

View Item View Item