Rangga Adi Saputra, 1410003017 (2019) Model Pembelajaran Ansambel Gitar Kelas X Di SMK N 2 Kasihan Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
bab i.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
bab v.pdf Download (660kB) |
|
Text
JURNAL 1410003017.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena sekolah yang dijadikan subjek penelitian menerapkan model pembelajaran ansambel gitar yang efektif dan efisien. Model pembelajaran ansambel gitar tersebut telah menjadikan siswa pemain ansambel gitar yang handal, siswa-siswa kelas X semester awal sudah dapat pentas dengan kakak kelasnya yang materinya tidak hanya materi pembelajaran di kelas ansambel akan tetapi juga lagu-lagu di luar materi tersebut dan juga lagu-lagu populer Indonesia maupun lagu lainnya. Penulis ingin mengetahui model pembelajaran ansambel gitar tersebut dan menjadikannya objek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik analisisnya deskriptif analitik. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang datanya berupa narasi, teknik deskriptif analitik adalah cara penyajian hasil peneliitan dengan mendeskripsikan objek apa adanya setelah diadakan analisis. Teori yang digunakan adalah model pembelajaran ansambel musik yang menekankan tidak hanya pada pembelajaran individual di kelas saja, akan tetapi juga pembelajar kelompok yang isi pembelajarannya tidak hanya pementasan akan tetapi juga saling komentar antara siswa dan komentar guru kepada siswa. Model ini juga berhasil diterapkan di Nurwegia. Hasil penelitiannya adalah pembelajaran ansambel gitar kelas X di SMK N 2 Kasihan Bantul terdiri atas pembelajaran individu, pembelajaran kelompok kecil, pembelajaran ansambel, dan pengayaan. Pembelajaran individu terdiri atas Pembelajaran Instrumen Pokok, Pembelajaran Etude, Pembelajaran Ansambel, dan Pengayaan. Pembelajaran Instrumen Pokok dan Ansambel diselenggarakan di Sekolah, sedangkan pengayaan di laksanakan di luar sekolah dan dikoordinir dalam Grup Gitar Genjeng Orkestra (GGO), suatu organisasi yang dididirikan alumni gitar pada tahun 2015
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Budi Raharja NIDN.0012015707, Taryadi NIDN.0020125802 | ||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Ansambel Gitar, dan Pengayaan | ||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 26 Jul 2019 02:33 | ||||
Last Modified: | 01 Aug 2019 02:51 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4629 |
Actions (login required)
View Item |