Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Umisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon

Vianazir Juwitarahmi, 15100410017 (2019) Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Umisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (633kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (839kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran seni di SMP Negeri 2 Sewon Bantul belum sesuai dengan karakter kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi dan hal tersebut mengakibatkan anak bosan, meskipun di sekolah tersebut sudah tersedia media yang mendukung penggunaan metode inkuiri. Fokus penelitian ini adalah cara penerapan metode inkuiri tersebut dan ingin mengetahui efektivitasnya terhadap pelaksanaan proses dan hasil pembelajarannya. Sampel penelitian adalah kelas VII G Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sewon. Bernyanyi unisono dijadikan objek penelitiannya, sedangkan subjek atau informan penelitiannya adalah guru seni musik dan siswa kelas tersebut. instrumen pengumpulan datanya meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan, mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan April. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Tujuan metode ini adalah memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu siklus yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan perbaikan. Penelitian terdiri atas tiga siklus; pertama penyampaian materi teori dasar musik, kedua latihan birama, dan ketiga praktik bernyanyi unisono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri pada pembelajaran seni musik materi seni bernyanyi unisono dalam tiga siklus sudah dapat merubah proses pembelajaran tersebut. Penggunaan metode ini efektif untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran; guru sudah secara nyaman menggunakan metode dan medianya, siswa menjadi lebih aktif, dan nilai praktik bernyanyi unisono kelas ini meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsNIM
Vianazir Juwitarahmi, 15100410017UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Nur Iswantara NIDN. 0019066403 Gandung Jatmiko NIDN. 0004116108
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri, Bernyanyi Unisono, dan Efektivitas
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:39
Last Modified: 02 Aug 2019 07:39
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4662

Actions (login required)

View Item View Item