NAZARA, Lukas Otodogo (2018) Aspek-aspek metode kodaly pada paduan suara mahasiswa univertas gadjah mada yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 4.pdf Download (754kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL - Lukas Otodogo Nazara.pdf Download (2MB) |
Abstract
Metode Kodaly merupakan metode pendidikan musik yang sebenarnya adalah prinsip-prinsip umum dalam pendidikan musik yang dirumuskan oleh Zoltan Kodaly. Oleh karena wujud aslinya berupa prinsip umum, maka aspek metode Kodaly dapat ditemukan dalam berbagai bentuk pendidikan musik, termasuk juga paduan suara. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (PSM UGM) adalah salah satu kelompok paduan suara yang telah membuktikan kesuksesan kegiatan pendidikan musik dalam bentuk prestasi yang telah mereka raih dalam berbagai ajang kompetisi paduan suara. PSM UGM tidak secara utuh memakai metode Kodaly dalam pendidikan musiknya namun di dalam pelaksanaan pendidikan musik PSM UGM terdapat aspek-aspek metode Kodaly yang secara alami diterapkan. Oleh karena itu penelitian ini akan mengungkap apa saja aspek-aspek metode Kodaly yang diterapkan secara alami dalam PSM UGM dan bagaimana cara penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan data kualitatif yang mengedepankan kondisi alami PSM UGM sebagai objek penelitian. Dengan demikian diperoleh aspek-aspek metode kodaly yang secara alami terdapat pada PSM UGM yaitu prinsip pendidikan musik hak semua orang yang diterapkan lewat pemilihan repertoar yang berkualitas dan pendidikan musik yang memiliki standar perkembangan murid yang terukur, prinsip pendidikan musik ekliktik yang diterapkan lewat pembelajaran musik lewat bernyanyi dan penggunaan solmisasi dengan sistem moveable do serta prinsip pendidikan musik menumbuhkan kecintaan terhadap musik yang diterapkan lewat suasana kelas yang menyenangkan untuk peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91221#Seni Musik | ||||||
Uncontrolled Keywords: | pendidikan musik, metode kodaly, paduan suara, mahasiswa, UGM Yogyakarta | ||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2019 08:17 | ||||||
Last Modified: | 20 Nov 2019 08:17 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5462 |
Actions (login required)
View Item |