Puspita Sari, Dini (2019) Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Drama Tari Musik La-Tahzan Pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas IX SMP IX Ar-Raihan Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogykarta.
Text
BAB I Dini.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V Dini.pdf Download (285kB) |
|
Text
Full Text Dini.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL DINI.pdf Download (714kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta mengimplementaikan a) Struktur dan tekstur drama tari musik “La Tahzan”. b) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya sebagai materi pembelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas IX semester II khususnya seni drama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek siswa kelas IX SMP IT AR-RAIHAN. Subjek penelitian Nilai-nilai pendidikan karakter drama tari musik “La-Tahzan”. Struktur drama meliputi alur, karakter, latar, dan tema. Kedua, tekstur drama meliputi dialog, suasana, dan spektakel. Ketiga, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan metode triangulasi dengan sumber dan metode. Analisis data yang dilakukan dalam penulisan ini analisis data interaktif. Struktur drama tari musik “La-Tahzan” yang terdiri dari alur dengan tahapan pertama eksposisi, kedua rangsangan, ketiga konflik, keempat rumitan, kelima krisis (klimaks), keenam resolusi, ketujuh keputusan atau tahap leraian. Tekstur drama tari musik “La-Tahzan” terdiri dari pertama dialog yang dilakukan oleh tokoh Indun, Gagah, temanteman Indun, Setan Hasrat, dan Narator. Kedua suasana yang dihadirkan tegang dan sedih. Ketiga spektakelnya yaitu unsur cahaya, busana, move-ment, blocking, gesture, kinetik yang diperankan untuk mengarahkan emosi penonton. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam drama tari musik “La-Tahzan” adalah nilai-nilai pendidikan karakter religius (agama), Toleransi, Kerja Keras, Bersahabat atau Komunikatif, Peduli Sosial yang berguna untuk bahan ajar bagi guru siswa setingkat SMP untuk membentuk karakter siswa. Hasil dari penelitian ini peserta didik dapat mempraktikan naskah fragmen drama tari musik “La-Tahzan” dan metode yang digunakan sesuai dengan pembelajaran drama tari musik “La-Tahzan” pada pembelajaran drama mata pelajaran Seni Budaya di SMP IT AR-RAIHAN Bantul
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | KODEPRODI88209# DRAMA TARI DAN MUSIK | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | La-Tahzan, Pendidikan Karakter | ||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||||||||||
Depositing User: | susilo SW wati | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2020 05:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:17 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5917 |
Actions (login required)
View Item |