Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Drama Tari Musik La-Tahzan Pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas IX SMP IX Ar-Raihan Bantul

Puspita Sari, Dini (2019) Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Drama Tari Musik La-Tahzan Pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas IX SMP IX Ar-Raihan Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogykarta.

[img] Text
BAB I Dini.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Dini.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Full Text Dini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL DINI.pdf

Download (714kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta mengimplementaikan a) Struktur dan tekstur drama tari musik “La Tahzan”. b) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya sebagai materi pembelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas IX semester II khususnya seni drama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek siswa kelas IX SMP IT AR-RAIHAN. Subjek penelitian Nilai-nilai pendidikan karakter drama tari musik “La-Tahzan”. Struktur drama meliputi alur, karakter, latar, dan tema. Kedua, tekstur drama meliputi dialog, suasana, dan spektakel. Ketiga, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan metode triangulasi dengan sumber dan metode. Analisis data yang dilakukan dalam penulisan ini analisis data interaktif. Struktur drama tari musik “La-Tahzan” yang terdiri dari alur dengan tahapan pertama eksposisi, kedua rangsangan, ketiga konflik, keempat rumitan, kelima krisis (klimaks), keenam resolusi, ketujuh keputusan atau tahap leraian. Tekstur drama tari musik “La-Tahzan” terdiri dari pertama dialog yang dilakukan oleh tokoh Indun, Gagah, temanteman Indun, Setan Hasrat, dan Narator. Kedua suasana yang dihadirkan tegang dan sedih. Ketiga spektakelnya yaitu unsur cahaya, busana, move-ment, blocking, gesture, kinetik yang diperankan untuk mengarahkan emosi penonton. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam drama tari musik “La-Tahzan” adalah nilai-nilai pendidikan karakter religius (agama), Toleransi, Kerja Keras, Bersahabat atau Komunikatif, Peduli Sosial yang berguna untuk bahan ajar bagi guru siswa setingkat SMP untuk membentuk karakter siswa. Hasil dari penelitian ini peserta didik dapat mempraktikan naskah fragmen drama tari musik “La-Tahzan” dan metode yang digunakan sesuai dengan pembelajaran drama tari musik “La-Tahzan” pada pembelajaran drama mata pelajaran Seni Budaya di SMP IT AR-RAIHAN Bantul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Puspita Sari, Dininim1510061017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDIswantara, Nurnidn0019066403
UNSPECIFIEDMuljono, Untungnidn0019095801
UNSPECIFIEDProbosini, Agustina Ratrinidn0014086417
Department: KODEPRODI88209# DRAMA TARI DAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: La-Tahzan, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 13 Apr 2020 05:37
Last Modified: 24 Jul 2024 07:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item