Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta

Yuella, Ema (2021) Pendekatan Scientific Learning dalam Pembelajaran Tari di Kelas VII G SMP Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ema Yuella_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Ema Yuella_2021_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ema Yuella_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (531kB)
[img] Text
Ema Yuella_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ema Yuella_2021_LAMPIRAN 1. JADWAL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
Ema Yuella_2021_LAMPIRAN 2. SILABUS SENI TARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
Ema Yuella_2021_LAMPIRAN 3. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
Ema Yuella_2021_LAMPIRAN 4. DAFTAR NILAI SISWA KELAS VII G.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
Ema Yuella_2021_ LAMPIRAN 5. MATERI PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
Ema Yuella_2021_LAMPIRAN 6. FOTO PROSES PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
Ema Yuella_2021_LAMPIRAN 7. FOTO PROSES PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
Ema Yuella_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Pendekatan scientific learning adalah tipe pembelajaran yang memberi pemahaman kepada siswa untuk mengetahui, memahami, mempraktikkan pelajaran secara ilmiah. Scientific learning memiliki 5 komponen yaitu mengamati, menanya, mencooba, menalar, dan membentuk jaringan. Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring memberikan dampak kepada siswa yang semula aktif mengikuti pembelajaran menjadi pasif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendekatan scientific learning dalam pembelajaran tari secara daring kelas VII G di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kualiatif. Objek penelitian ini adalah pendekatan scientific learning dalam pembelajaran tari secara daring, dengan subjek penelitian adalah guru Seni Budaya dan siswa kelas VII G. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber, analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific learning pada proses pembelajaran seni tari secara daring menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Classroom, dan Google Meet. WhatsApp digunakan pada setiap pertemuan untuk menyampaikan informasi terkait proses pembelajaran tari seperti presensi yang dilakukan melalui Google Classroom, jadwal ujian, kisi-kisi soal ujian, dan mengkoordinasi siswa yang belum mengumpulkan tugas. Google Classroom digunakan untuk mengirim materi, tugas, dan melakukan presensi. Google Meet digunakan pada pertemuan pertama dan kedua yang digunakan untuk kegiatan perkenalan, dan penjelasan materi tari tradisional dan bentuk dasar tangan melalui tatap layar. Pendekatan scientific learning yang diterapkan dalam proses pembelajaran memiliki lima komponen, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan membentuk jaringan. Lima komponen tersebut diterapkan guru pada kegiatan inti dalam pelaksanaan pembelajaran. Pendekatan scientific learning ini dapat menjadi solusi pada pembelajaran tari yang dilakukan secara daring. Kata Kunci: Scientific Learning, Pembelajaran Tari, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yuella, Emanim1710134017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Scientific Learning, Pembelajaran Tari, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ema Yuella
Date Deposited: 14 Aug 2021 15:01
Last Modified: 19 Aug 2021 07:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item