Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Mata Pelajaran Seni Tari Di Kelas Vii Smp Negeri 11 Yogyakarta

Amanda, Rosanti (2021) Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Mata Pelajaran Seni Tari Di Kelas Vii Smp Negeri 11 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogykarta.

[img] Text
Rosanti Amanda_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Rosanti Amanda_2021_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rosanti Amanda_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (832kB)
[img] Text
Rosanti Amanda_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Rosanti Amanda_2021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Rosanti Amanda_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran dalam jaringan (daring) mata pelajaran seni tari kelas VII di SMP Negeri 11 Yogyakarta terdapat beberapa media yang digunakan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran daring di SMP Negeri 11 Yogyakarta menggunakan aplikasi, Google Classroom, Whatsapp, dan Youtube sebagai media komunikasi dan diskusi antara peserta didik dengan guru dan peserta didik dengan peserta didik sebagai penunjang pembelajaran. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendiskripsikan pembelajaran daring pada mata pelajaran seni tari kelas VII di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian difokuskan pada proses pembelajaran daring pada mata pelajaran seni tari kelas VII di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru seni budaya, peserta didik kelas VII dan kepala sekolah SMP Negeri 11 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi pustaka dan, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran seni tari pada masa pandemi Covid 19 di kelas, pendidik menggunakan pembelajaran E-learning melalui aplikasi Google Classroom, Whatsapp, dan Youtube. Kendala yang terjadi dalam pembelajaran daring adalah jaringan koneksi yang tidak lancar, kapasitas memori perangkat yang dimiliki oleh peserta didik kurang memadahi, dan terjadinya pemadaman listrik bergilir. Kata Kunci : Proses pembelajaran tari, pembelajaran dalam jaringan, e-learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Amanda, Rosantinim1710137017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
Department: KODEPRODI188209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran tari, pembelajaran dalam jaringan, e-learning.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Rosanti Amanda
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:11
Last Modified: 18 Aug 2021 03:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item