Pembelajaran Vokal Paduan Suara Secara Daring di Unit Kegiatan Mahasiswa Vocalista Harmonic Choir Institut Seni Indonsesia Yogyakarta

Garisi, Eirene (2021) Pembelajaran Vokal Paduan Suara Secara Daring di Unit Kegiatan Mahasiswa Vocalista Harmonic Choir Institut Seni Indonsesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Eirene Garisi_2021_FULLTEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Eirene Garisi_2021_BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Eirene Garisi_2021_NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eirene Garisi_2021_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
Eirene Garisi_2021_BAB V.pdf

Download (992kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran secara daring pada latihan Vocalista Harmonic Choir ini memiliki beberapa kelebihan dari pembelajaran atau proses latihan sebelumnya namun tujuannya tetap sama. Perbedaan terkait pada komunikasi antara pelatih dan anggota yang lebih terbatas dikarenakan penggunaan aplikasi tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama. Dalam pembelajaran secara daring ini pelatih lebih fokus pada masing-masing anggota yang terlibat dikarenakan proses latihannya dilaksanakan sesuai anggota kelompok atau jenis suara (Sopran, Alto, Tenor, dan Bass) yang jumlahnya lebih sedikit sehingga pelatih lebih jelas melihat kekurangan yang ada pada setiap anggotanya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran vokal paduan suara secara daring di UKM Vocalista Harmonic Choir Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini ialah pembelajaran vokal paduan suara pada UKM Vocalista Harmonic Choir di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, sedangkan yang menjadi subjek penelitian ini ialah anggota peserta dan pelatih UKM Vocalista Harmonic Choir. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik validasi data penelitian menggunakan teknik triangulasi, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif mencakup reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran vokal paduan suara yang dilakukan secara daring tetap melakukan latihan artikulasi, latihan pernafasan, sikap badan dan reading lagu sama seperti pembelajaran tatap muka sebelumnya namun menggunakan media pembelajaran notasi lagu, Google Meet, Zoom Meeeting, dan Whatsapp Group (WAG). Google Meet digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran secara daring dan proses awal pembelajaran seperti artikulasi, dinamika, phrasering, solfeggio, pernafasan, sikap badan dan reading lagu. Zoom Meeting sebagai media pertemuan pertama dalam kegiatan Pesparama dan digunakan sebagai tempat penyampaian materi yang akan dipelajari. WAG (Whatsapp Group) digunakan sebagai media komunikasi maupun berbagi informasi antar pelatih. Notasi lagu sebagai bahan ajar untuk pencapaian tujuan dari kompetisi yang diikuti. Kekurangan dalam pembelajaran daring ialah jaringan yang kurang mendukung atau koneksi buruk pada saat proses latihan dilaksanakan, sedangkan yang menjadi kelebihannya ialah pelatih dan peserta memiliki wawasan baru dalam belajar mengajar secara daring dan tentunya ada kreativitas baru yang terlaksanakan dalam pembelajaran vokal secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Garisi, Eirenenim1710139017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
Department: KODEPRODI88209#SENIDRAMATARIDANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran vokal secara daring, media pembelajaran
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Eirene Garisi
Date Deposited: 19 Aug 2021 08:55
Last Modified: 19 Aug 2021 09:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9106

Actions (login required)

View Item View Item