Strategi Pembelajaran Daring Pada Kelas Ansambel Gesek Di Program Studi S-1 Musik, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Zain Amrullah, Muhammad (2021) Strategi Pembelajaran Daring Pada Kelas Ansambel Gesek Di Program Studi S-1 Musik, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (739kB)
[img] Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 memaksa sebuah sistem pembelajaran dari luring menjadi pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring tentu dapat dibilang baru dalam perkembangan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Hal ini berdampak pada seluruh kegiatan belajar mengajar tanpa terkecuali, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti strategi pembelajaran secara daring yang diterapkan pada ansambel gesek di Program Studi Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pembelajaran secara daring ansambel gesek Prodi Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan secara desktiptif dalam memaparkan hasil temuan informasi pada lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 strategi yang digunakan oleh dosen, yaitu 1) Strategi pembelajaran langsung, 2) Strategi pembelajaran tidak langsung, dan 3) Strategi pembelajaran mandiri, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa sebagai subjek belajar. Strategi pembelajaran ansambel secara daring ini terbilang efektif, karena mahasiswa tidak hanya mampu memainkan karya yang dibawakan, melainkan juga memahami latar belakang karya yang dimainkan. Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh dosen pengampu juga membuat mahasiswa menjadi lebih kreatif dalam merespon bahan ajaran yang mereka jalani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Zain Amrullah, Muhammadnim16100870132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSurtihadi, Surtihadinidn0005077006
UNSPECIFIEDPrasetiyo, Ayubnidn0020077505
Department: 187121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Ansambel Gesek, Strategi Pembelajaran Langsung, Daring
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Muhammad Zain Amrullah
Date Deposited: 22 Aug 2021 03:48
Last Modified: 22 Aug 2021 04:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9315

Actions (login required)

View Item View Item