Zain Amrullah, Muhammad (2021) Strategi Pembelajaran Daring Pada Kelas Ansambel Gesek Di Program Studi S-1 Musik, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_BAB PENUTUP.pdf Download (739kB) |
|
Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Zain Amrullah_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 memaksa sebuah sistem pembelajaran dari luring menjadi pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring tentu dapat dibilang baru dalam perkembangan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Hal ini berdampak pada seluruh kegiatan belajar mengajar tanpa terkecuali, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti strategi pembelajaran secara daring yang diterapkan pada ansambel gesek di Program Studi Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pembelajaran secara daring ansambel gesek Prodi Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan secara desktiptif dalam memaparkan hasil temuan informasi pada lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 strategi yang digunakan oleh dosen, yaitu 1) Strategi pembelajaran langsung, 2) Strategi pembelajaran tidak langsung, dan 3) Strategi pembelajaran mandiri, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa sebagai subjek belajar. Strategi pembelajaran ansambel secara daring ini terbilang efektif, karena mahasiswa tidak hanya mampu memainkan karya yang dibawakan, melainkan juga memahami latar belakang karya yang dimainkan. Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh dosen pengampu juga membuat mahasiswa menjadi lebih kreatif dalam merespon bahan ajaran yang mereka jalani.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | 187121#PENDIDIKAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ansambel Gesek, Strategi Pembelajaran Langsung, Daring | |||||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni Pendidikan Seni Pertunjukan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Zain Amrullah | |||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2021 03:48 | |||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2021 04:01 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9315 |
Actions (login required)
View Item |