Pembelajaran Vokal Materi Lagu Modern Secara Daring Pada Kelas IX D Semester Gasal Tahun 2020 Di SMP N 1 Yogyakarta

Punu, Valent (2021) Pembelajaran Vokal Materi Lagu Modern Secara Daring Pada Kelas IX D Semester Gasal Tahun 2020 Di SMP N 1 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
VALENT ODELIA KIREINA PUNU_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
VALENT ODELIA KIREINA PUNU_2021_BAB I.pdf

Download (941kB)
[img] Text
VALENT ODELIA KIREINA PUNU_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (960kB)
[img] Text
VALENT ODELIA KIREINA PUNU_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
VALENT ODELIA KIREINA PUNU_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Latar belakang diadakakannya penelitian ini adalah proses pembelajaran vokal materi lagu modern secara daring pada kelas IX D semester gasal tahun 2020 di SMP N 1 Yogyakarta diselenggarakan secara daring. Proses pembelajaran tersebut merupakan hal baru, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka harus dilaksanakan secara daring atau tanpa tatap muka. Penulis ingin mendeskripsikan hal itu dengan fokus pembahasan bagaimana bentuk interaksi antara siswa dengan guru pada pembelajaran tersebut. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan pembelajaran vokal materi lagu modern secara daring pada kelas IX D semester gasal tahun 2020 di SMP N 1 Yogyakarta menggunakan data kualitatif atau berbentuk narasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa; teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi; sedangkan analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran  vokal tersebut. Hasilnya proses pembelajaran tersebut  menggunakan media pembelajaran daring, yaitu google meeting, google classroom, whatsapp, Instagram dan youtube. Guru dan siswa memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran untuk berinteraksi dengan siswa dalam hal guru mengabsen siswa, guru mengirimkan dan menjelaskan materi ajar, siswa mengakses materi ajar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengikuti ulangan harian dan mengumpulkan tugas-tugas, dan guru melakukan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Punu, Valentnim1710154017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Pandemi covid 19; Pembelajaran vokal; Model daring
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Valent Odelia Kireina Punu
Date Deposited: 23 Aug 2021 08:10
Last Modified: 23 Aug 2021 08:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item