ADAPTASI CERPEN “LEGENDA PESUT MAHAKAM” KE DALAM SKENARIO FILM TELEVISI BERJUDUL “TAMAKARMA” MENGGUNAKAN PLOT LINIER DENGAN PENERAPAN FLASHBACK

Ghitha, Najiyah (2020) ADAPTASI CERPEN “LEGENDA PESUT MAHAKAM” KE DALAM SKENARIO FILM TELEVISI BERJUDUL “TAMAKARMA” MENGGUNAKAN PLOT LINIER DENGAN PENERAPAN FLASHBACK. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II, III, IV, V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (434kB)
[img] Text
JURNAL NAJIYAH GHITHA.pdf

Download (663kB)
[img] Text
KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
NASKAH TAMAKARMA NAJIYAH GHITHA.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Poster Publikasi Sesi 02 Ukuran 1x1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
POSTER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Skenario adalah sebuah desain untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui media film. Adaptasi literatur bukan menjadi fenomena yang asing dalam film karena karya sastra sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi karya film bioskop atau televisi. Skripsi karya seni berjudul Adaptasi Cerpen “Legenda Pesut Mahakam” ke dalam Skenario Film Televisi Berjudul “TamaKarma” Menggunakan Plot Linier dengan Penerapan Flashback merupakan adaptasi dari cerita pendek Kalimantan Timur. Legenda masyarakat Kalimantan Timur, yaitu “Legenda Pesut Mahakam” melatarbelakangi ide penciptaan skenario film televisi dengan judul “TamaKarma” (Ketamakan yang Membawa Karma). Tema drama yang disisipi pesan moral dan nilai sejarah serta budaya ini dapat menjadi tontonan alternatif pada film televisi dengan genre drama keluarga. Skenario film televisi “TamaKarma” dengan durasi 60 menit menceritakan tentang kisah Puteri Pesut menyelamatkan kakaknya yang ditangkap karena ketamakannya memakan umpan yang diberikan oleh manusia. Proses adaptasi skenario dikembangkan secara independen menggunakan pendekatan adaptasi longgar menurut Loise Gianneti dengan menambah dan mengurangi karakter, setting tempat serta waktu. Skenario ini ingin mengajak penonton untuk lebih mengenal cerita sejarah dan legenda ikan pesut Mahakam yang legendaris di Kalimantan Timur serta mengambil pesan bahwa ketamakan bisa menghancurkan segalanya terutama untuk diri sendiri bahkan orang lain. Konsep perubahan dalam karakter, setting tempat dan waktu akan didukung dengan pemilihan plot, yaitu plot linier yang dibangun oleh tokoh dan dengan penerapan flashback untuk setting waktu yang bertujuan untuk mengantarkan cerita agar lebih mudah dipahami dan membuat penonton menunggu hingga akhir cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ghitha, Najiyahnim1510078432
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorArum Retnowati, Dyahnidn0030047102
ContributorAgnes, Karina Pritha Atmaninidn0023017613
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Skenario, Adaptasi, Plot Linier, Flashback
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:30
Last Modified: 11 Oct 2021 06:30
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

View Item View Item