Pembuatan Game Berjudul “Dibawa Pergi” Menggunakan Teknik Digital Dan Puppet Tradisional

Suryabrata, Abiyan Akmal (2021) Pembuatan Game Berjudul “Dibawa Pergi” Menggunakan Teknik Digital Dan Puppet Tradisional. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Abiyan Akmal Suryabrata_2021_PENUTUP.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Abiyan Akmal Suryabrata_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Abiyan Akmal Suryabrata_2021_BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Abiyan Akmal Suryabrata_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] Video
watch_v=Hf6ugCftpwg&feature=youtu.be

Download (466kB)
[img] Text
form-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI-REVISI-Abiyan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
Official URL: https://youtu.be/Hf6ugCftpwg

Abstract

Game sudah menjadi media hiburan yang sangat populer dalam dunia modern ini baik dalam pembuatan dan penggunaan. Dalam pembuatan game sendiri teknik pembuatannya selalu berevolusi dari tahun ke tahun. Tugas akhir pembuatan game berjudul Dibawa Pergi ini akan menggabungkan kedua teknik yang terpaut jauh, yakni teknik digital dan tradisional dalam pembuatan asset. Kategori asset akan dibagi lagi menjadi asset environment dan statis yang tidak memiliki animasi bergerak, dengan asset karakter dan dinamis yang memiliki animasi bergerak. Cara pembuatan Asset tradisional, Asset akan dibuat dengan menggunakan kertas dan akan diletakkan di sebuah alas berwarna kunci kroma dan digerakkan secara manual layaknya wayang/puppet, hasil dari gerakkan akan difoto dan akan dilakukan proses kunci kroma untuk menghilangkan warna background. Selanjutnya, file gambar asset disimpan dalam ekstensi .png agar memiliki background transparan bisa dimasukkan ke dalam Game Engine. Hasil dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah, kedua asset yang berbeda cara pembuatannya dapat digabungkan. Asset tradisional memiliki keunikan dan daya tariknya tersendiri dalam segi estetika, akan tetapi perbedaannya tidak terlalu mencolok. Kemudian asset tradisional membutuhkan waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih banyak dalam pembuatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Suryabrata, Abiyan Akmalnim1800244033
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGunanto, Samuelnidn0016108001
ContributorAtmani, Agnesnidn0023017613
Department: KODEPRODI90446#ANIMASI
Uncontrolled Keywords: game, teknik, pembuatan, asset, digital, tradisional.
Subjects: Televisi > Animasi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3 Animasi
Depositing User: Abiyan Akmal Suryabrata
Date Deposited: 09 Nov 2021 06:48
Last Modified: 09 Nov 2021 06:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item