Analisis Perbandingan Choral Herzlich Thut Mich Verlangen Karya Johann Sebastian Bach Edisi Charles N Boyd dan Albert Reimenschneider

Watu, Maristela Sonia (2021) Analisis Perbandingan Choral Herzlich Thut Mich Verlangen Karya Johann Sebastian Bach Edisi Charles N Boyd dan Albert Reimenschneider. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
MARISTELA SONIA WATU_2021_full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
MARISTELA SONIA WATU_2021_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MARISTELA SONIA WATU_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MARISTELA SONIA WATU_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MARISTELA SONIA WATU_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (290kB)
Official URL: http:lib.isi.ac.id

Abstract

The passion (kisah sengasara Yesus) merupakan bentuk dari oratorio. The passion adalah latar musik dari kisah penangkapan, pengadilan, dan penyaliban Yesus yang dimaksudkan sebagai penjabaran bacaan Injil dalam liturgi Paskah. Johann Sebastian Bach adalah komposer era Barok yang membuat karya Passion, salah satunya yakni St. Matthew Passion. Dalam St. Matthew Passion terdapat karya choral yang melodinya diadaptasi dari Herzlich Thut Mich Verlangen karya Hans Leo Hassler. Bach membuatnya menjadi lima karya choral dengan empat harmoni yang berbeda dengan teksnya yang diambil dari himne yang ditulis oleh Paul Gerhardt. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah persamaan dan perbedaan informasi musikal yang muncul dari lima choral serta proses kreatif yang dilakukan Johann Sebastian Bach berkaitan dengan harmonisasi dan situasi dimana lima choral Herzlich Thut Mich Verlangen digunakan dalam St. Matthew Passion. Melalui penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi, dan studi diskografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa choral Herzlich Thut Mich Verlangen merupakan karya dengan bentuk lagu tiga bagian dan memiliki variasi dalam pola melodinya. Bach memunculkan variasi-variasi tidak saja dengan pola melodi yang dimodifikasi tetapi juga melalui nada-nada suspensi. Pemakaian nada-nada di batas ambitus yang merepresentasikan situasi yang sedang terjadi untuk mengungkapkan makna lagu yang dimaksud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Watu, Maristela Sonianim17101050131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTriprasetyo, Antonius Gathut Bintartonidn0004097406
ContributorSusantina, Sukatminidk0014115206
Department: KODEPRODI191221#SENIMUSIK
Uncontrolled Keywords: perbandingan, choral, Herzlich Thut Mich Verlangen Kata kunci : perbandingan, choral, Herzlich Thut Mich Verlangen.
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Maristela Sonia Watu
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:35
Last Modified: 12 Nov 2021 02:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10262

Actions (login required)

View Item View Item