Meirizka Ariefayanti, Nindita (2022) Perancangan Interior Ruang Terapi Sensory Motoric School Bandung. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
NINDITA MEIRIZKA_2022_BAB I.pdf Download (611kB) |
|
Text
NINDITA MEIRIZKA_2022_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Video
NINDITA MEIRIZKA_2022_KARYA.mp4 Restricted to Repository staff only Download (53MB) | Request a copy |
|
Text
NINDITA MEIRIZKA_2022_BAB V.pdf Download (364kB) |
|
Text
NINDITA MEIRIZKA_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text
NINDITA MEIRIZKA_2022_JURNAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sensory Motor School di Bandung merupakan sarana terapi sensorik dan motorik, khusus untuk anak-anak usia dari bayi hingga remaja. Tempat ini memiliki banyak ruangan yang dikhususkan untuk satu jenis terapi tertentu, setiap ruangan memiliki perbedaan yang signifikan mulai dari warna dasar hingga alat khusus yang dibutuhkan untuk terapi yang dilakukan di sana. Dengan melihat adanya permasalahan desain dilapangan, proses yang digunakan untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan adalah proses Rosemary Kilmer dalam bukunya Designing Interiors, dan melalui pendekatan psikologi. Respons terhadap ruang bergantung pada cara individu mempersepsikan ruang. Rangsangan yang timbul akibat perancangan ruang dipengaruhi oleh unsur-unsur pembentuk ruang dan unsur-unsur pendukungnya yang terdiri dari bentuk ruang, warna, tekstur, material, pencahayaan, akustik, dan lain-lain. Dengan kebutuhan anak ASD serta keterbatasan kriteria desain yang dimiliki oleh UU PERMENKES RI, jurnal dan wawancara dengan psikolog klinis, diharapkan desain yang dihasilkan memenuhi kebutuhan anak ASD secara maksimal. Menggunakan Gaya Tema "Zen Minimalis" yang menekankan ketenangan, penampilkan dekoratif yang relatif sederhana dan menampilkan kepenuhan kesederhanaan. Perancangan ini menjadi sarana menjembatani kebutuhan pengguna ruang yang ingin dicapai pengguna dan kesembuhan pasien terapeutik yang maksimal di Sensory Motoric School Bandung. Dengan ini diharapkan dapat memenuhi nilai estetika tanpa kehilangan keamanan dan kenyamanan sebagai fokus utama Empathetic Design bagi penggunanya Kata kunci: Perancangan Interior, Autisme, desain sensorik,.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Interior, Autisme, desain sensorik. | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | Nindita Meirizka Ariefayanti | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2022 06:59 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2022 06:59 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10818 |
Actions (login required)
View Item |