Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa Jogja Music School Yogyakarta

Nugraha, Arsy (2022) Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa Jogja Music School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Chairun Nisa Sajdah Arsy Nugraha_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Chairun Nisa Sajdah Arsy Nugraha_2022_BAB I.pdf

Download (910kB)
[img] Text
Chairun Nisa Sajdah Arsy Nugraha_2022_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Chairun Nisa Sajdah Arsy Nugraha_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Chairun Nisa Sajdah Arsy Nugraha_2022_JURNAL.pdf

Download (762kB)
[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2022-04-28 at 13.44.27.jpeg

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Jogja Music School Yogyakarta merupakan salah satu tempat kursus musik yang telah didirikan oleh seorang drummer sekaligus penguasaha yang bernama Chasan Muhammad sejak dari tahun 2009. Jogja Music School telah menyelenggarakan tiga program kelas, yitu Private Class (kelas privat), Group Class (kelas berkelompok), dan Digital Music Producing & Recording Class. Pada proses pembelajarannya, Jogja Music School menyediakan pembalajaran secara tatap muka (offline) bagi murid yang berdomisili di daerah Yogyakarta dan secara daring (online) yang diperuntukan bagi murid yang berada di luar kota Yogyakarta. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan teknik head resonance terhadap murid vokal di Jogja Music School Yogyakarta pada saat bernyanyi. Hasil dari penelitan ini menunjukan bahwa penerapan teknik head resonance dalam bernyanyi yaitu dengan mengajarkan bentuk pemanasan pada saat sebelum bernyanyi, teknik pengambilan nafas yang benar, posisi bernyanyi, intensitas latihan, dan metode pembelajaran. Setelah melalui penelitian kualitatif diperoleh hasil sebagai berikut. Penerapan teknik head resonance yang sudah diterapkan kepada murid Jogja Music School dapat diterima dengan baik, hal tersebut dibuktikan melalui meningkatnya hasil nilai pada saat ujian. Namun terdapat juga murid yang masih sering lupa mengenai penerapan teknik head resonance, sehingga pengajar selalu mengingatkan kembali mengenai penerapan teknik head resonance untuk digunakan pada saat bernyanyi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nugraha, Arsynim17101130132
Department: 187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan sadari. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), 162–174. Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), 119–131. Andriani, E. Y. (2021). Analisis Artikulasi Teknik Vokal Pada Lagu" Dear Dream" Oleh Regita Pramesti Suseno Putri. Basani, S. L. (n.d.). Metode Bernyanyi Kategori Lagu Folklore/Etnik Dalam Paduan Suara. Generasi Kampus, 7(2). Cowgill, J. G. (2004). Breathing for singers: A comparative analysis of body types and breathing tendencies. Davids, J., & LaTour, S. (2012). Vocal technique: A guide for conductors, teachers, and singers. Waveland Press. Denes, S. (2007). Head First: The Language of the Head Voice. University Press of America. Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). Herbert-Caesari, E. F. (1968). The science and sensations of vocal tone: A school of natural vocal mechanics. Crescendo Publishers. Kristanto, A. (2020). Bentuk Pembelajaran Vokal Secara Daring. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(2), 128–137. Latifah, D., & Milyartini, R. (2017). Development of Vocal Teaching Materials Based on Keroncong Singing Or-naments to Strengthen Western Vocal Technique. Panggung, 27(4), 298313. Maarit, A., Geneid, A., Kåre, B., Marita, R., & Anne-Maria Laukkanen. (2020). A Nasoendoscopic Study of “Head Resonance” and “Imposto” in Classical Singing. Journal of Voice. MOHS. (2016). Penerapan Teknik Vokal yang Baik dan Benar dengan Menggunakan Merode Demonstrasi untuk Meningkatkan KemampuanUPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. 122 Bernyanyi Mata Pelajaran Seni Budaya pada Siswa Kelas VII Bilingual di SMPN 4 Mataram. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Muliono, R., Khairina, N., Harahap, M. K., & Putri, S. M. (2019). Analysis Discrete Hartley Transform for the recognition of female voice based on voice register in singing techniques. Journal of Physics: Conference Series, 1361(1), 12039. Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15–19. My, R., & Sambu, G. R. (2008). Panduan Olah Vokal. Media Pressindo. Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16. Purnomo, B. H. (2011). Metodedan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroomaction Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 210251. Saguni, F. (2013). Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Dan Ceramah Sebagai Problem Solving Dalam Matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2. Sari, H. (2016). Pembelajaran Ritmik Melalui Media Alat Musik Berbasis Lingkungan Untuk Siswa Kelas Vi Di Sd Labschool Upi. SWARA-Jurnal Pendidikan Musik, 4(2). Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo. Sepdwiko, D. (2020). Pembelajaran Musik Ansambel Rebana Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 15 PALEMBANG. LAGA- LAGA: Jurnal Seni Pertunjukan, 6(1), 31–45. Simanungkalit, N. (2013). Teknik Vokal Paduan Suara. Gramedia Pustaka Utama. Sinaga, T. (2018). Dasar-Dasar Teknik Bernyanyi Opera. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 2(2), 79–89. Sinaga Theodora. (n.d.). Teknik Bernyanyi Dalam Paduan Suara. Generasi Kampus, 7(2).UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. 123 Sugiyono, P. D. (2015). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV. ALFABETA. Sulasmono, P. (2013). Peningkatan Kemampuan Vokal Melalui Metode Solfegio. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(1). Suryati, S. (2017). Teknik Vokalisasi Seni Baca A l-Qur’an dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an. Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 5(1), 47–52. Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. Toisuta, A. M. (2016). Tinjauan Olah Vokal Klasik Pada Repertoar Paduan Suara Modern Studi Kasus Lagu This Marriage Karya Eric Whitacre. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Chairun Nisa Sajdah Arsy Nugraha
Date Deposited: 28 Apr 2022 06:52
Last Modified: 28 Apr 2022 06:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10910

Actions (login required)

View Item View Item