Eksplorasi Teknik Aransemen Orkestrasi Melalui Elaborasi Software Sibelius Studi Kasus Lagu Indonesia Pusaka Karya Ismail Mardjuki

Cahyoraharjo, H. Mulyadi and Candra Bintang Sakti, Yoma (2020) Eksplorasi Teknik Aransemen Orkestrasi Melalui Elaborasi Software Sibelius Studi Kasus Lagu Indonesia Pusaka Karya Ismail Mardjuki. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (665kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan menghasilkan data penelitian yang dapat digunakan untuk tujuan praktis, yaitu untuk mengidentifikasi teknik dan eksekusi yang perlu dilakukan dalam menyusun aransemen, serta untuk mengetahui sejauh mana efektivitas software sibelius dalam melakukan orkestrasi. Subyek dalam penelitian ini adalah eksplorasi aransemen orkestrasi melalui elaborasi software sibelius, studi kasus lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Mardjuki. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif.Analisis teks musik digunakan untuk mendapatkan gambaran secara umum terkait dengan aspek musikal dan teknikal, sedangkananalisis data dilakukan melalui reduksi data. Reduksi data disini bukan berarti penyederhanaan yang mengurangi kwalitas data, akan tetapi bertujuan untuk meningkatkan data sehingga kompilasi data yang semula belum teratur dapat disusun kembali secara sistematis. Hasil dari Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi serta memberikan manfaat, baik secara teoritis maupun praktis..Manfaat teoritis yang dimaksudkan untuk mengetahui ide penggarapan, sumber inspirasi, langkah-langkah penggarapan aransemen orkestrasi, serta penyusunan elemen musikal lainya yang kemudian disusun secara tertulis, sehingga bisa dijadikan sebagai sebuah teori. Sedangkan manfaat praktis yang dimaksudkan adalah mengetahui lebih detail penggunaan/pemanfaatan software sibelius sebagai alat dan model pembelajaran bagi mahasiswa musik dalam membuat aransemen maupun orkestrasi secara efisien, dan dapat membantu aranjer untuk melakukan aransemen orkestrasi tanpa melibatkan pemain musik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Cahyoraharjo, H. Mulyadinidn0021016907
Candra Bintang Sakti, Yomanim17001350134
Uncontrolled Keywords: eksplorasi, aransemen orkestrasi, elaborasi software sibelius
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:16
Last Modified: 18 Apr 2022 07:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item