"Pentakosta": Komposisi Musik untuk Paduan Suara, Body Percussion, Bonang, Kendang, dan Gong

Putranto, Eldo Wahyu (2022) "Pentakosta": Komposisi Musik untuk Paduan Suara, Body Percussion, Bonang, Kendang, dan Gong. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ELDO WAHYU PUTRANTO_2022_BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ELDO WAHYU PUTRANTO_2022_BAB V.pdf

Download (728kB)
[img] Text
ELDO WAHYU PUTRANTO_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ELDO WAHYU PUTRANTO_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
ELDO WAHYU PUTRANTO_2022_LAMPIRAN_Pentakosta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
ELDO WAHYU PUTRANTO_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Karya musik yang berjudul “Pentakosta” dibuat berdasarkan peristiwa Pentakosta merupakan hari raya umat kristiani untuk memperingati peristiwa dicurahkannya Roh Kudus kepada para Rasul.Peristiwa pentakosta diangkat oleh penulis sebagai ide cerita dari karya musik berjudul “Pentakosta”. Karya musik “Pentakosta” merupakan karya musik program naratif yang dibawakan oleh paduan suara yang juga body percussion. Terdapat pula unsur gamelan yaitu bonang, kendang dan gong yang dipadukan didalam karya musik ini. Metode yang dilakukan dalam proses penciptaan karya musik “Pentakosta” ini meliputi perumusan ide penciptanaan dengan cara mendengarkan dan mencari referensi karya paduan suara yang sesuai, kemudian menyusun konsep dan rancangan karya yang kemudian dibagi menjadi beberapa bagian. Disusun pula unsur musik dan suasana seperti apa yang akan dimunculkan dalam setiap bagian. Eksplorasi juga dilakukan terhadap body percussion, bonang, kendang dan gong untuk menemukan pola pukulan yang ingin digunakan dalam karya. Terdapat pengarapaan detail karya berdasarkan sketsa yang telah dibuat. Lirik dibuat berdasarkan cerita yang ada di kitab injil Lukas dan Kisah Para Rasul yang kemudian disesuaikan dengan alur cerita. Proses penciptaan karya musik “Pentakosta” dibuat dengan cara membuat gambaran cerita berdasarkan alur cerita yang terdapat pada kitab injil Lukas dan Kisah Para Rasul yang kemudian menghasilkan beberapa bagian. Body percussion, bonang, kendang dan gong yang telah di eksplorasi kemudian diterapkan dan disesuaikan dengan alur cerita dan suasana yang ada di setiap bagian. Penerapan motif Yesus, dan hubungan antara lirik dan melodi harus diperhatikan untuk menghasilkan suasana yang diinginkan di setiap bagian. Struktur dan bentuk karya musik “Pentakosta” dijabarkan sebagai berikut: bagian “Alfa” terdapat penggunaan body percussion berupa jentikan jari sebagai pengambaran percikan api, bagian “Dia Hidup” terdapat penggunaan motif Yesusdi tengah bagian, bagian “Veni terdapat penggunaan motif Yesus pada awal dan akhir, bonang, kendang bem, dan gong, bagian “Pentakosta” terdapat penggunaan jentikan jari, hentakan kaki, permainan kendang dan gong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Putranto, Eldo Wahyunim18101060133
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSlamet, Raden Chairulnidn0016015801
ContributorRosiana Dewi, Maria Octavianidn0012107702
Department: KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: musik program naratif, body percussion, unsur gamelan, narrative program music, body percussion, gamelan
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Eldo Wahyu Putranto
Date Deposited: 29 Aug 2022 00:31
Last Modified: 29 Aug 2022 00:31
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12132

Actions (login required)

View Item View Item