Pembelajaran Tari Sekapur Sirih Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Di SMP Negeri Merlung Jambi

Dwi Susilawati, Rahma (2022) Pembelajaran Tari Sekapur Sirih Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Di SMP Negeri Merlung Jambi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_Rahma Dwi Susilawati_2022_TEKS FULL-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_Rahma Dwi Susilawati_2022_BAB I-1.pdf

Download (12MB)
[img] Text
SKRIPSI_Rahma Dwi Susilawati_2022_BAB V (PENUTUP).pdf

Download (14MB)
[img] Text
Rahma Dwi Susilawati_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (944kB)
[img] Text
SKRIPSI_Rahma Dwi Susilawati_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Rahma Dwi Susilawati_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (302kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar intrakurikuler. Materi pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 5 Merlung yaitu tari Sekapur Sirih. Tari ini sering dipentaskan pada acara-acara penting yaitu: acara perpisahan SMP Negeri 5 Merlung, pembukaan lomba olimpiade olahraga antar sekolah, dan penyambutan tamu pada acara-acara yang mewakili sekolah. Proses pembelajaran tari Sekapur Sirih ini dilakukan oleh sesama siswa yang dipilih karena memiliki kemampuan yang lebih dari siswa lainnya dalam bidang tari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari Sekapur Sirih dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP N 5 Merlung Jambi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru Seni Budaya, guru pendamping ekstrakurikuler tari, dan siswa SMP Negeri 5 Merlung. Sumber data sekunder berupa foto-foto proses pembelajaran beserta foto kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis data melalui penggabungan seluruh data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran ekstrakurikuler tari Sekapur Sirih di SMP Negeri 5 Merlung menggunakan beberapa metode pembelajaran yakni metode ceramah, metode demonstrasi, metode drill, metode imitasi, metode tanya jawab, dan metode tutor sebaya. Metode pembelajaran tutor sebaya merupakan salah satu metode pembelajaran yang paling menonjol digunakan pada saat proses belajar berlangsung untuk menjadi solusi karena ketidak adanya pelatih ahli dalam bidang tari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dwi Susilawati, Rahmanim1710151017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: metode tutor sebaya, tari sekapur sirih, ekstrakurikuler tari
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Rahma Dwi Susilawati
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:03
Last Modified: 21 Sep 2022 08:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item