Analisis Proses Pembelajaran Teori Musik sebagai Dasar Pengembangan Buku Ajar Bagi Mahasiswa Jurusan Musik

Alfiah Akbar, Mohamad and Angga Branco, Peter (2019) Analisis Proses Pembelajaran Teori Musik sebagai Dasar Pengembangan Buku Ajar Bagi Mahasiswa Jurusan Musik. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB VI KESIMPULAN.pdf

Download (711kB)
[img] Text
FULL TEXT-Mohamad Alfiah Akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BUKTI SUBMISSIONS ATAU REPRINT ARTIKEL ILMIAH-Mohamad Alfiah AkbaR.pdf

Download (761kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran di kelas teori musik dan mengkaji seberapa penting kebutuhan buku ajar pada mata kuliah teori musik di Jurusan Musik ISI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis proses pembelajaran dan kebutuhan buku ajar teori musik untuk mahasiswa. Penelitian dilakukan di Jurusan Musik ISI Yogyakarta. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Musik yang mengikuti kelas teori musik. Pengambilan data dilakukan pada semester gasal tahun 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan merujuk pada tahapan pertama dari 10 (sepuluh) tahapan model pengembangan Borg and Gall yaitu research and information collecting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas teori musik rata-rata dosen masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi kepada mahasiswa. Sedangkan buku ajar yang digunakan di kelas teori musik menggunakan buku berbahasa Inggris. Tahun penerbitan di bawah tahun 2000. Sedangkan untuk kesesuaian dengan kurikulum, buku-buku yang digunakan oleh dosen pengampu kurang sesuai karena isi dari buku-buku yang dipakai materinya banyak yang tidak dibahas di kelas. Dari hasil penyebaran angket kebutuhan buku ajar dari 75 orang, sebanyak 67 orang setuju dengan pengembangan buku ajar teori musik. Hasil analisis berdasarkan model pengembangan Borg and Gall menunjukkan dibutuhkannya pengembangan buku ajar teori musik.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Alfiah Akbar, Mohamadnidn
Angga Branco, Peternim18101650131
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Analisis, proses pembelajaran, buku ajar, teori musik
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:10
Last Modified: 23 Nov 2022 02:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13006

Actions (login required)

View Item View Item