Aspek Kreatif Transit AD (Studi Kasus di Surabaya)

Marsudi, 9210580023 (1999) Aspek Kreatif Transit AD (Studi Kasus di Surabaya). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Pages from 80-Bab I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pages from 80-Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
Pages from 80-Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Pages from 80-Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Pages from 80-Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pages from 80-Daftar Pustaka.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Pages from 80-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari konsep yang dikembangkan Kleppner (1990) dalam pembuatan sebuah poster. Dalam penelitian ini daya tarik khalayak sebagai variabel dependen dipengaruhi oleh variabel warna, huruf, komposisi, ilustrasi, dan pesan sebagai variabel independen. Penelitan ini mengambil kasus transit ad di Kota Surabaya. Dari hasil penelitian ini terdapat adanya korelasi yang kuat antara variabel dependen dan variabel independen. dengan melakukan analisis didapat r = 0,765 artinya 76,5% perubahan variabel dependen (daya tarik) disebabkan oleh perubahan variabel independen secara bersamaan, sisanya 0,235 atau 23,5 % disebabkan oleh variabel Iainnya yang tidak termasuk di dalam model. Dari analisa model dapat diketahui bahwa variabel Komposisi merupakan unsur utama yang menarik perhatian khalayak memberikan sumbangan efektif terbesar dibanding dengan empat variabel lainnya sebesar 12%, nilai korelasinya 0,541 (sedang) disusul berturut-turut variabel Wama memberikan sumbangam efektif sebesar 10,5%, nilai korelasinya 0,561 (sedang) variabel Ilustrasi memberikan sumbangan efektif sebesar 9%, nilai korelasinya 0,575 (sedang), variabel Huruf memberikan sumbangan sebesar 7%, nilai korelasinya 0,422 (sedang), dan terakhir variabel Pesan mernberikan sumbangan efektifya sebesar 5%, nilai korelasinya 0,405 (lemah). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa variabel Warna Sebagai unsur utama dalam menarik perhalian khalayak menunjukkan nilai yang positif (mendekati kebenaran), walaupun menempati urutan kedua setelah variabel Komposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Marsudi, 9210580023UNSPECIFIED
Department: Disain Komunikasi Visual - FSR ISI Yogyakarta
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 14 Oct 2014 01:45
Last Modified: 27 Oct 2014 03:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item