Penggunaan Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Keyboard Pada Siswa Kelas IV & V Di SD Budya Wacana Yogyakarta

Julius Teruna Ryan, Eureka (2024) Penggunaan Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Keyboard Pada Siswa Kelas IV & V Di SD Budya Wacana Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Eureka Julius Teruna Ryan_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Eureka Julius Teruna Ryan_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eureka Julius Teruna Ryan_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eureka Julius Teruna Ryan_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Eureka Julius Teruna Ryan_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Pembelajaran keyboard termasuk dalam mata pelajaran seni musik di SD Budya Wacana Yogyakarta. Kelas pembelajaran keyboard di SD Budya Wacana Yogyakarta menghadapi kesulitan saat ada siswa yang tidak hadir, karena siswa akan ketinggalan materi sehingga tidak dapat memainkan lagu yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hasil dari penggunaan model blended learning dalam pembelajaran keyboard pada siswa kelas IV & V di SD Budya Wacana Yogyakarta. Siswa yang terlibat adalah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa kelas IV B & 11 siswa kelas V C. Proses pembelajaran keyboard dalam penelitian ini terdiri dari empat pertemuan secara onsite dan dua pertemuan secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa dalam penelitian ini mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan blended learning efektif dalam pembelajaran keyboard pada siswa kelas IV & V di SD Budya Wacana Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Julius Teruna Ryan, Eurekanim20102300132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSuryati, Suryatinidn0001096407
ContributorTresna Yunita, Ayunidn0021067704
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: blended learning, keyboard, pembelajaran
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Eureka Julius Teruna Ryan
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:58
Last Modified: 02 Feb 2024 03:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16201

Actions (login required)

View Item View Item